Pemerintah Malaysia Gelontorkan RM 10 Juta untuk Dukung dan Kembangkan Esports di Tahun 2019


image courtesy, stadiumastro

Melihat perkembangan industri esports yang kini semakin berkembang tampaknya tidak dilewatkan begitu saja oleh pemerintah Malaysia khususnya oleh Mentri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq. Menteri yang memang masih muda ini melihat potensi yang begitu besar dari industri esports bahkan rela menggelontorkan dana sebesar RM 10 juta atau sekitar 39 milyar Rupiah demi membangun dan mengembangkan esports di tahun 2019 mendatang.

Hal tersebut terangkum dalam Rangkuman Belanjawan 2019 yang salah satunya memang berfokus untuk mengembangkan industri esports di Malaysia. Salah satu event terdekat yang juga akan digelar di Malaysia, yaitu Kuala Lumpur Major juga mendapatkan dukungan dari beliau. Tak heran beliau memiliki kebijakkan yang memang mendukung perkembangan industri esports bukan hanya di Malaysia saja, namun juga ke wilayah yang lebih luas lagi di ASEAN.

Jangan lewatkan •
Logitech Hadirkan Keyboard Gaming Pro X "Bongkar Pasang" Demi Kenyamanan Gamers Pro

Dalam cuitan di Twitter-nya Syed Saddiq juga mendapatkan dukungan dari co-founder sekaligus CEO produk gaming gear ternama Razer, Min-Liang Tan tampaknya tertarik untuk berinvestasi untuk mengembangkan industri esports di Malaysia dengan menggelontorkan dana sebesar RM 10 Juta di tahun 2019.

Seperti yang kita ketahui, Malaysia memang memiliki kontribusi di perkembangan esports dunia. Mulai dari pro player hingga turnamen-turnamen besar yang diselenggarakan di negara tersebut. Apakah langkah dari pemerintah Malaysia yang mulai melirik industri esports akan ditiru oleh negara di sekitarnya ?