Pemerintah Siapkan 2 Satelit Tambahan Agar Internet Indonesia Lebih Ngebut


Ilustrasi Satelit. FOTO/istockphoto

Sebuah kabar baru datang dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). Dalam informasi tersebut dikatakan jika saat ini mereka tengah berencana untuk menambah dua satelit tambahan guna memeratakan akses internet di seluruh Indonesia.

Dalam informasi yang kami rangkum dari Detik, Rabu(30/10/2019). Sampai saat ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah menyiapkan satelit yang diberi nama Satria, Kemenkominfo dalam hal ini diwalikan oleh Bakti yang pengadaanya dilakukan memlalui sistem lelang. Pada lelang kali ini, pengadaan satelit ini, dimenangkan oleh Konsorsium PSN.

Bahkan saat ini, pihak Bakti yang diwakilkan oleh Anang Latief yang menjabat sebagai Direktur Utama, menyebut jika saat ini pihaknya telah membahas rencana penambahan satelit ini dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang baru, Johnny G Plate.

“Sudah (membahas dengan Johnny G Plate), cuma persoalannya bahwa kita harus bicara masalah itu ya soal pembiayaannya karena harus persetujuan dari Kementerian Keuangan,” kata Anang.

Dengan adanya penambahan dua satelit ini, Indonesia nantinya akan mempunyai 3 satelit yang beroperasi. Satu dari yang sudah beroperasi dan dua sebagai tambahan baru. Menurut Bakti, Indonesia mesti menambah satelit, karena dengan luasnya wilayah dan banyaknya penduduk Indonesia, maka satu satelit saja tidak cukup.

Diharapkan, dengan penambahan dua satelit baru ini, nantinya Internet Indonesia bisa menjadi lebih rata dan juga ngebut.

Sumber : Detik


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki