Pemilik Akun 10K DOTA 2 Bicarakan Soal “Keberhasilannya” Meraih MMR Tertinggi

in

Komunitas DOTA 2 dikejutkan setelah dengan kemunculan satu pemain yang tiba-tiba pecahkan rekor solo MMR di leaderboard DOTA 2 – mallljKPemain ini mendadak capai solo MMR 10.000 dan menjadi pemain dengan MMR tertinggi saat ini di region SEA dan bahkan dunia, namun keberhasilannya tersebut tidaklah datang dari kerja keras, tetapi lewat cara curang.

Setelah viralnya akun malljK ini, lewat facebooknya dia bicarakan soal “keberhasilannya” meraih 10K MMR ini. Pemain yang berasal dari Vietnam ini jelaskan bagaimana caranya mendapatkan MMR tersebut, apakah dia merasa telah memalukan negaranya, dan apakah dia takut akan di-banned oleh Valve dalam waktu dekat.

Post ini seperti yang kamu lihat ditulis dalam bahasa Vietnam, untungnya salah satu pengguna Reddit mau mengambil waktunya untuk mentranslasikan post dari pemilik akun malljK ini.

Q: Apakah kamu capai 10k dengan sendirinya?
A: Ya, dengan sendirinya, tetapi dengan 10 akun. Bagaimana caranya lebih baik tidak aku bagikan. Kenaikan drastis MMR akunku tak mempengaruhi siapapun. Aku melakukan ini bukan karena tujuan yang mulia untuk perlihatkan “Ranking system ini payah” atau “Aku ingin perlihatkan Valve soal masalah ini”. Aku tidak miliki maksud ingin merusak ranked matchmaking, ataupun mempromosikan diriku untuk membuka layanan boosting, jadi lebih baik kamu bawa omong kosongmu itu ketempat lain. Aku melakukan boosting karena aku mampu, dan aku menyukainya.

Q: Kamu merusak citra DOTA pro scene para masyarakat Vietnam!
A: Sedikit, akan tetapi: Citra seperti apa yang kami punya di pro scene sebelum ini? Berada di posisi apa kami di dunia?

Q: Berapa MMR aslimu?
A: Aku mulai bermain DOTA sejak 2008, DOTA 2 pada 2011. MMR pertamaku adalah 3,8K, kemudian aku menjadi trader (trader yang dimaksud disini adalah trader item DOTA) dan MMR-ku turun menjadi 2,5K. Siapapun yang pernah menjadi trader akan mengerti jika tiap kali ada event tertentu kamu mau ambil waktu istirahat setelah berbulan-bulan melakukan transaksi trading, kemudian kembali lagi ke bermain di ranked. Setelah mengambil waktu istirahat dari trading, bertukar role, bermain serius, aku berhasil capai MMR dari 2,5K menjadi 5,3K dalam setahun.

Q: Apakah akunmu telah di-banned oleh Valve?
A: Aku bahkan tak peduli, dan kamu seharusnya juga tidak perlu pedulikan hal tersebut.

Jadi ya, pada akhirnya kita tahu jika pria satu ini lakukan cara curangnya bukanlah untuk pamer MMR atau hal lainnya, namun hanya karena dia mampu dan mau untuk melakukan hal curang tersebut. Dia akui jika dia curang, dan dia siap untuk menanggung konsekuensinya. Tetapi setidaknnya dia mencetak sejarah untuk menjadi orang pertama yang capai 10K solo MMR meskipun kita tahu hal tersebut hanya untuk sh*t and giggle untuknya ketimbang penghargaan tersendiri.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.