Sony Tak Sengaja Ungkap Pendapatan Call of Duty di PlayStation

Pendapatan Call of Duty PlayStation

Pendapatan Call of Duty PlayStation – Dalam beberapa bulan terakhir, sejumlah seri game populer dari Activision Blizzard menjadi pusat pembicaraan menyusul rencana akuisisi Microsoft senilai US$68,7 miliar.

Sony sebagai kompetitor berkali-kali menyuarakan penentangannya terhadap ide Microsoft akan memiliki Call of Duty dengan mengeluhkan kemungkinan penurunan kualitas game-game COD di PlayStation hingga potensi eksklusivitas sepenuhnya di Xbox.

Meski Microsoft mengatakan bahwa mereka tetap akan berkomitmen untuk merilis game COD di masa depan di platform lain seperti PlayStation, kekhawatiran Sony tampaknya tidak surut. Tak lama ini, Sony bahkan tidak sengaja mengungkap bahwa COD merupakan salah satu seri game paling memberi banyak keuntungan untuk PlayStation.

Sony Tak Sengaja Ungkap Pendapatan Call of Duty di PlayStation

Pendapatan game Call of Duty di PlayStation tak sengaja dibeberkan oleh Sony

Melalui dokumen internal yang dikirimkan sebagai bukti persidangan antara FTC dan Microsoft, pada surat yang dikirim oleh bos PlayStation – Jim Ryan, diketahui jika Call of Duty memiliki pendapatan hingga mencapai US$800 juta untuk PlayStation di pasar Amerika Serikat saja pada tahun 2021.

Call of Duty

Untuk skala global atau di seluruh dunia, seri game FPS itu berhasil meraup keuntungan hingga US$1,5 miliar di tahun yang sama.

Selain itu, surat tersebut juga menyebutkan jika gamer COD di PlayStation menghabiskan rata-rata US$15,9 miliar per tahun dari 2019 hingga 2021, terhitung untuk hardware, aksesoris, game, subscription dan layanan PlayStation lainnya.

Bethesda Menanyakan Pendapat Microsoft Terkait Game Eksklusif

Pendapat Microsoft terkait game eksklusif

Sony bukan jadi satu-satunya pihak yang punya kekhawatiran dengan seri game populer itu. Menurut email yang dikirim bos Xbox – Phil Spencer, Bethesda mengemukakan kekhawatiran mereka setelah Microsoft berjanji untuk mempertahankan Call of Duty di PlayStation.

Global Marketing SVP Bethesda – Pete Hines menanyakan logika Microsoft mengenai game-game eksklusif dan yang dirilis di banyak platform. Masalah tersebut muncul setelah Microsoft mengakuisisi Zenimax Media selaku perusahaan induk Bethesda dan menarik beberapa game Bethesda dari PlayStation untuk membuatnya eksklusif di Xbox dan PC.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Call of Duty atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version