Peneliti Ciptakan Optical Disc Berukuran 200TB dengan 100 Layer

Optical Disc Berukuran 200tb

Era penyimpanan menggunakan disc sepertinya mulai meredup. Perannya sebagian besar telah digantikan dengan Harddisk dan Solid State Drive. Wajar saja, mengingat kedua perangkat tersebut lebih memberikan kapasitas penyimpanan yang masif dibanding optical disc.

Penyimpanan optical disc paling canggih sekarang yaitu Blu-ray disc yang bisa konsumen beli di pasaran hanya mentok di 100GB lebih. Tapi, sepertinya peneliti sudah menemukan cara untuk mengembalikan kejayaan penyimpanan optical di masa depan.

Peneliti Ciptakan Optical Disc Berukuran 200TB

Disc konvensional

Berbagai peneliti di University of Shanghai for Science and Technology (via TechSpot) bisa menghasilkan penyimpanan optical disc layaknya DVD maupun Blu-ray namun dengan kapasitas yang dahsyat.

Dengan menggunakan 100 layer dan 3D planar recording architecture, media penyimpanan ‘baru’ ini bisa mencapai kapasitas 200TB atau sekitar 1,6 Petabits. Dengan kemampuan penyimpanan seperti itu, sepertinya sedikit berlebihan kalau digunakan untuk menyimpan video ataupun film di komputer pribadi.

Dan benar saja, fungsi utamanya lebih diperuntukkan bagi data center yang butuh kapasitas penyimpanan super masif. Dengan ukuran disc yang kecil dan hemat tempat, maka kemampuan data center untuk menyimpan data akan jadi jauh lebih efisien.

Optical Disc Diklaim Punya Ketahanan Lebih Dibanding HDD

Harddisk

Ditambah daya tahan disc yang lebih superior dibanding harddisk dengan masa ketahanan 50 sampai 100 tahun. Dibandingkan dengan HDD yang biasanya perlu peremajaan setiap 10 tahun sekali karena mekanismenya yang sudah aus.

Peneliti sendiri belum memikirkan lebih jauh mengenai penggunaannya untuk konsumsi media seperti film dan game. Kalau bisa dibuatkan untuk data game konsol, maka 1 disc bisa muat untuk lebih kurangnya 2000 judul game PlayStation 5.

Hadirnya disc ini juga memungkinkan pengguna kelas konsumer memiliki data center sendiri di rumah masing-masing. Tapi, itupun kalau harga perangkatnya masuk akal ya brott. Bagaimana menurut kalian?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version