Penelitian Buktikan Water Temple dalam Ocarina of Time Sebagai Puzzle Tersulit Dalam Video Game

in ,
Water Temple Entrance By Takai Dono Dd7luhf Pre
Water Temple Entrance By Takai Dono on DevianArt

Para fans The Legend of Zelda pastinya tidak asing lagi dengan salah satu gamenya yang paling populer yaitu The Legend of Zelda: Ocarina of Time. Meskipun sering kali dinobatkan sebagai seri Zelda terbaik, game yang rilis tahun 1998 tersebut juga dikenal dengan beberapa level yang dianggap terlalu sulit. Contohnya seperti level Water Temple yang menurut penelitian terbukti sebagai level dengan puzzle paling sulit dalam sejarah video game.

Menurut situs TheGamer, rata-rata pemain membutuhkan waktu selama 3 jam untuk menyelesaikan level Water Temple. Selain menjadi puzzle tersulit, walkthrough Water Temple juga sempat menduduki peringkat pertama sebagai level yang paling sering dicari di Google. Namun, kini level tersebut sudah dikalahkan dengan puzzle Corridors of Time dalam game Destiny 2 yang tercatat sebanyak 307,680 orang melihat caranya lewat Google.

Selain Water Temple dalam Ocarina of Time, terdapat sejumlah game lainnya dengan puzzle yang dianggap sulit. Contohnya seperti puzzle Volkskygge dan Fahlbtharz Boiler Room dalam game The Elder Scrolls V: Skyrim yang masing-masing menduduki peringkat kedua dan ketiga setelah Water Temple.

Onbuyhardestpuzzle

Nintendo selaku developer pun sadar akan kesulitan level Water Temple. Sebagai solusi, Nintendo akhirnya mempermudah level pada versi remake-nya dalam Nintendo 3DS dengan menambahkan marker untuk mengatur kedalaman air. Selain itu, mereka juga mempermudah saat mengganti sepatu besi (iron boots) dengan sepatu biasa, sehingga pemain tidak perlu lagi keluar masuk menu untuk mengganti item seperti versi terdahulunya.

Meskipun memang dikenal sulit, namun Ocarina of Time merupakan salah satu game yang sering dianggap sebagai game terbaik sepanjang masa. Hal tersebut terbukti dengan 7 juta copy yang berhasil terjual dan sukses mendapatkan resepsi yang baik dari para kritikus maupun fans. Ocarina of Time juga masih sering dijadikan topik diskusi oleh komunitas gaming, terlebih level Water Temple yang tingkat kesulitannya justru membuatnya terus dikenang hingga kini.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait The Legend of Zelda serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Lauda Ifram

Written by Lauda Ifram

Enjoy gaming but suck at it.

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.