Penelitian Sebut Cheat dan Mod Mendorong Gamer Muda Melakukan Cybercrime

watchdogs21280jpg f487d0 1280w

Video game dari dulu hingga sekarang selalu memicu kontroversi bagi orang tua. Orang tua tidak suka apa yang disenangi anak muda karena tidak mengerti, karena tidak mengerti mereka anggap hal tersebut merusak generasi dan membuat kamu jadi kriminal. In a nutshell, itu lah media ketika mencoba memberitakan soal video game, dan ini merupakan salah satu contoh terbarunya.

Beberapa peneliti di National Crime Agency di Inggris keluarkan hasil penelitiannya kepada CNBC yang dimana mereka klaim bahwa kode cheat dan mods untuk game dapat mendorong anak kecil menjadi hacker dan melakukan cybercrime. Menurut NCA, website dan forum yang memberikan kode cheat ataupun mod untuk videogame dapat membuat anak muda semakin mudah mengembangkan skill kriminal mereka yang berhubungan dengan hacking.

Klaimnya ini disimpulkan setelah peneliti tersebut berbicara langsung dengan pelaku cybercrime yang masih muda. Sang pelaku akui jika dia termotivasi untuk “menyelesaikan seluruh tantangan dihadapannya” dan “membuktikan keahliannya ke teman sebayanya”.

Keluar dari konteks gaming, NCA menyebutkan jika tutorial online akan cara mengakses trojan, serangan DDOS, dan malware banyak beredar di internet untuk para newbie.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

F*cking kill me already

Meskipun tak bisa dibantahi jika memang ada gamer yang beralih ke cybercrime, klaim dimana kode cheat dan mod dapat membuat pemain jadi lebih pandai hacking ataupun skill programming lainnya sedikit dipertanyakan. Yang perlu kamu lakukan untuk gunakan cheat hanyalah membuka program cheat selagi program game sedang hidup atau bahkan tinggal masukan kode cheat saat bermain. Dan untuk mod kamu hanya perlu meng-copy paste file yang disediakan modder ke folder game atau lebih mudahnya lagi gunakan program seperti Nexus Mod Manager. Apakah kedua tahap sederhana tersebut benar-benar membuat gamer mudah langsung jago membobol website, melakukan serangan DDOS, dan cybercrime lainnya? Kurasa tidak. Tapi untuk soal tutorial online sendiri tak bisa dipungkiri dapat mengajari anak mudah melakukan cybercrime, namun konteksnya dengan cheat dan modding di game adalah …?

Lalu apa solusi yang dapat dilakukan apabila gamer yang menggunakan cheat dan mod ini benar-benar beralih menjadi pelaku cybercrime? Berikan mereka kerja yang pantas di bidang programming ataupun di industri gaming sebelum mereka terpikir melakukan cybercrime.

Jadi ingatlah, Brott, apabila anakmu kebanyakan pasang mod Skyrim atau Fallout sampai crash, atau pakai cheat di Grand Theft Auto, cobalah panggil Bethesda atau Rockstar sekarang juga sebelum dia “beralih ke cybercrime”.

Source: PC gamer

Exit mobile version