Pengadilan Perbolehkan Apple Blokir Fortnite, Namun Larang Penghentian Support Unreal Engine

in ,
Https D1e00ek4ebabms.cloudfront.net Production 87d50f80 Adbf 4aa8 9e60 Af89324e5a20

Perang hukum antara Apple dan Epic Games mungkin menjadi berita terbesar pada bulan ini. Fortnite versi iOS ditarik dari Appstore setelah Epic Games membangun sistem pembayaran in-app purchases yang sifatnya direct alias 100% uang masuk ke Epic Games. Hal tersebut melanggar aturan dari Appstore karena Apple berlakukan pajak 30% untuk tiap transaksi.

Epic membawa masalah ini ke meja hukum dan untuk membalas aksi tersebut, Apple ancam lepas support iOS dan MacOS dari Unreal Engine yang tak hanya merugikan Epic Games tetapi juga semua developer yang gunakan teknologi mereka.

Tampaknya kasus gugatan ini perlahan menuju hasil konklusi. Dilaporkan oleh seorang reporter tech bernama Stephen Nellis (via 9to5Mac), Hakim – Yvonne Gonzalez Rogers telah mengambil keputusan sementara dimana Apple diperbolehkan untuk menolak Fortnite masuk ke Appstore kembali, namun melarang mereka untuk memblokir akses akun Epic Games dan juga Unreal Engine karena hal tersebut akan merugikan banyak studio lain yang tidak ada ikut campur dengan permasalahan kedua perusahaan dan akan menimbulkan kerugian besar di bisnis video game.

Ini belum menjadi akhir dari kasus antara kedua perusahaan. Keputusan yang diambil sekarang masih bersifat sementara dan hanya ditujukan agar memastikan status quo tetap berjalan. Pengadilan akan terus melanjutkan kasus dan mendengar argumen lebih detil dari kedua perusahaan sebelum mengambil keputusan hukum yang tepat.


Baca pula informasi lain terkait Epic Games beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For press release and further collaboration, Contact me at [email protected]

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.