Pengembang AI Mulai Belanja GPU Secara Massal, Pertanda Kelangkaan Lagi?

Belanja Gpu Featured

Sepertinya permintaan pasar untuk Belanja GPU Gaming semakin meningkat. Beberapa perusahaan yang bergerak di industri teknologi juga membuat cuitan mengenai GPU Resource untuk Cloud-based GPU telah penuh.

Supply untuk hardware GPU seperti NVidia juga telah ludes terjual untuk 1 tahun kedepan. Dan beberapa bukti bahwa GPU untuk PC rumahan telah dibeli oleh beberapa pengembang AI juga telah terlihat.

Pengembang AI Mulai Belanja GPU Gaming Secara Massal

George Hotz Membeli Total 7,38 Pflops Gpu

Bukti jelas dimana pengembang AI mulai Belanja GPU secara massal terlihat dari cuitan IT Hacker dan juga entrepreneur terkenal George “geohot” Hotz. Dirinya saat ini sedang mengembangkan Driving Assistance yang menggunakan AI bernama Comma AI.

George membuat cuitan dengan foto dimana terdapat banyak sekali GPU AMD Gaming yang seharusnya digunakan untuk Gaming PC. Gampar tersebut memperlihatkan beberapa kotak yang terbuka dan menampilkan GPU AMD Radeon RX 7900 XTX.

Merk yang terlihat dari foto tersebut adalah XFX MERC 310 GPU yang merupakan GPU Flagship AMD dan merupakan GPU nomor 2 gaming terbaik pada tahun 2023 ini dan menggunakan desain XFX.

Diperkirakan ada puluhan GPU yang telah dibeli oleh dirinya yang akan digunakan sebagai alat computing dengan total power 7,38 PFLOPS. Dengan harga satuan dari GPU tersebut mendekati 15 juta Rupiah, bisa dibilang George mengeluarkan dana lebih dari 500 Juta Rupiah di foto tersebut.

Akan Lebih Banyak Belanja GPU untuk Keperluan AI Kedepannya?

Gilian Pengembang Ai Borong Belanja Gpu

Lebihnya lagi, foto tersebut hanya sedikit dari target yang akan digunakan oleh Comma AI. George sendiri mengatakan bahwa akan ada “exaFLOPS lagi yang akan datang” dimana artinya dirinya akan Belanja GPU lebih banyak lagi berkali lipat dari foto tersebut.

Sebagai perhitungannya, 1 exaFLOPS setara dengan 1000 petaFLOPS (PFLOPS) dan pada foto tersebut diperkirakan ada sekitar 7,38 PFLOPS. George sepertinya mengeluarkan uang lebih dari 30 Milyar Rupiah untuk membeli sekitar 20 Batch lagi.

Cuitan yang dikirim George Hotz sepertinya bukan peringatan awal bahwa permintaan GPU untuk sektor industri AI semakin meningkat. Dilaporkan juga bahwa beberapa hari lalu, terjadi inflasi yang cepat di China untuk harga GPU.

Para gamer PC yang kini lega setelah selesainya hype crypto sepertinya akan was – was dalam waktu dekat karena kini giliran pengembang AI yang terindikasi akan melahap habis stok GPU yang ada.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Artificial Intelligence atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version