Pengembang Sedang Menguji Windows 11 di Smartphone Android

Winandroid4

Windows 11 yang dirilis pada akhir bulan lalu, kini tengah dikembangkan oleh Developer untuk bisa dijalankan pada smartphone berbasis Android. Tidak dapat dipungkiri bahwa menjalankan Windows 11 di smartphone mungkin menjadi keinginan sebagian pengguna. Bila sistem operasi tersebut dapat dijalankan pada smartphone, tentu akan sangat memudahkan penggunanya ketika akan bepergian.

Pengujian Pada Smartphone OnePlus dan Xiaomi

Baru-baru ini, pengembang Windows 11 Xilin Wu dikabarkan tengah melakukan pengujian pada smartphone Android dari OnePlus dan Xiaomi. Proyek yang diberi nama “Renegade” ini masih dalam tahap awal pengembangan. Windows 11 ARM64 ini dapat diinstall pada smartphone dengan Snapdragon 845, sementara Snapdragon 855 masih didukung sebagian oleh Port EDK2-SM8150.

Hasilnya memuaskan, karena berkat pengujian yang dilakukan oleh tim Renegade, Windows 11 dapat dijalankan pada OnePlus 6T dan Mi 8. Meskipun demikian, sebagian besar fungsi pada sistem operasi Windows 11 yang terinstall masih tidak dapat digunakan, contohnya Panggilan Telepon.

Windows 11 Masih Belum Optimal Untuk Smartphone

Pengembang Sedang Menguji Windows 11 di Smartphone Android 4

Untuk melakukan instalasi sistem operasi ini di smartphone Android, para pengembang membuat peralatan dan driver khusus. Hal ini dikarenakan Qualcomm xbl dan abl telah ditandatangani pada perangkat ritel, sehingga hampir tidak dapat dimodifikasi. Singkatnya, tidak akan mungkin untuk menjalankan Windows menggunakan bootloader pabrikan.

Meskipun Windows 11 dapat dijalankan pada smartphone OnePlus 6T dan Mi 8, masih banyak fitur dan fungsi yang harus dibenahi. Selain pada smartphone Android, para pengembang dapat menjalankan sistem operasi terbaru ini di Raspberry Pi 4 dan Lumia 950 XL.

Pengujian yang tengah dilakukan tim pengembang ini sebenarnya masih jauh dari kata sempurna, karena banyaknya fitur yang tidak bisa digunakan. Mulai dari masalah Touch Screen, hingga permasalahan jaringan seluler untuk melakukan panggilan telepon.

Itulah informasi terkait Windows 11 yang tengah diuji pada smartphone android. Semoga saja Windows 11 kedepannya akan semakin optimal untuk smartphone.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version