Penggemar Paladins “Ngamuk” Karena Sistem Baru yang Dianggap Pay-to-Win

Paladins 5 art 1

Paladins baru saja rilis patch baru dimana selain membawa survival map baru yaitu Snowfall Junction, juga memberikan sedikit perubahan pada sistem ekonominya. Perubahan ini membuat komunitas dari game ini langsung “ngamuk” karena dianggap pay-to-win.

Yang menjadi sumber kemarahan komunitas game ini adalah keberadaan mata uang baru yang dipanggil “essence”. Mata uang ini akan diberikan untuk tiap item duplikat yang didapatkan dari Radiant chest. Radiant chest sendiri kini diubah menjadi item yang bisa dibeli seharga 3000 gold dan tak lagi memberikan gold sebagai drop serta tak lagi memberikan gold apabila pemain mendapatkan item duplikat karena telah digantikan posisinya dengan essence.

Untuk apa essence ini? Essence digunakkan untuk membeli hero cards yang dulunya bisa dibeli dengan gold. Yang menjadi masalah adalah harga dari item kartu ini menjadi terlalu mahal untuk dibeli dengan essence. Untuk mendapatkan seluruh kartu dari satu hero saja disebutkan akan membutuhkan 36.000 essence, yang berarti akan memakan 756.000 untuk seluruh hero.

Melihat essence yang diberikan untuk satu duplikat item hanya 60 (untuk level “common”), hal ini berarti pemain diharuskan lebih sering grinding dari biasanya. Sistem ekonomi baru ini dianggap komunitas Paladins membuat game kesayangan mereka semakin dekat dengan sistem pay-to-win karena gold dibuat jauh lebih sulit untuk didapatkan. Pemain seakan dipaksa untuk memilih antara lebih sering grinding gold, membeli crystal (item premium di game ini) dengan uang asli, atau bermain dengan tidak memiliki bonus apa-apa sama sekali.

Komunitas game ini meminta Hi-Rez untuk segera memikirkan kembali sistem baru mereka ini atau bahkan mengembalikannya seperti kemarin. Banyak orang di subreddit game ini bahkan menyarankan Hi-Rez untuk lebih baik habiskan waktu mereka membuat lebih banyak skin apabila benar-benar “rakus” akan uang pemain.

Hi-Rez belum berikan komentar apapun soal masalah ini, dan masih menjadi tanda tanya apakah mereka akan tetap usung sistem baru ini atau akan mengubahnya nanti.

Source: PC Gamer, Ten Ton Hammer

Exit mobile version