Pengguna Windows 7 Mungkin Mendapat Free Upgrade Ke Windows 11

W11 Screen A

W11 Screen A

Dalam waktu dekat, pengguna Windows 7 mungkin tengah berpikir untuk melakukan upgrade atau tidak. Dilansir dari Windows Latest, Build Windows 11 yang bocor menunjukkan rencana Microsoft yang menawarkan Free Upgrade ke sistem operasi teranyar mereka. Windows 11 direncanakan untuk rilis pada 24 Juni 2021.

Ada kemungkinan Microsoft akan menggratiskan Windows 11 untuk semua pengguna Windows 10, Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1. Namun, perlu diperhatikan bahwa informasi Free Upgrade ke Windows 11 ini belum diumumkan secara resmi. Microsoft bisa saja memiliki rencana lain ke depannya, atau malah akan menjadi update berbayar.

Yang menarik adalah pengguna Windows dengan lisensi asli dapat melakukan pemutakhiran melalui Windows Update secara gratis. Hal ini berdasarkan pada Product Key Configuration Package (PKEYCONFIG) di build Windows 11 yang bocor. Gambar di atas menunjukkan bahwa ada file konfigurasi yang diperlukan bagi pengguna Windows 7, 8, dan 8.1 untuk melakukan pembaruan.

Salah Satu Strategi Microsoft

Mengikuti konsep Microsoft selama ini, tidak menutup kemungkinan bahwa mereka akan tetap melanjutkan strategi mereka menghadirkan Windows sebagai layanan.

Free Upgrade ini sebenarnya masuk akal, dikarenakan Microsoft sebelumnya juga menawarkan pembaruan gratis untuk Windows 10. Uniknya, penawaran tersebut masih berlaku sampai sekarang meski seharusnya sudah berakhir pada 2016 silam. Jadi, siapapun yang memiliki lisensi asli dapat memanfaatkan kesempatan ini.

Microsoft secara resmi menghentikan dukungan untuk Windows 7 pada Januari 2020 silam. Diikuti oleh Windows 8.1 yang dukungannya juga akan dihentikan pada Januari 2023. Dan terakhir, Windows 10 yang rencananya akan dihentikan pada Oktober 2025 mendatang.

Konsepnya Masih Sama Dengan Windows 10

Windows 11 ternyata juga dioptimalkan untuk tablet dan desktop, sama seperti Windows 10. Microsoft juga akan menerapkan strategi yang mirip dengan sistem operasi smartphone seperti Android untuk memberikan layanan update yang lebih cepat.

Tanggapan Microsoft Mengenai Bocoran Free Upgrade

Microsoft memang belum menanggapi banyaknya informasi yang bocor di internet terkait Windows 11 secara langsung. Namun, cuitan dari akun twitter Windows di atas menyatakan bahwa kemungkinan hal tersebut memang belum final, dan masih tahap awal.

Saat ini kita hanya bisa menunggu keputusan pihak Microsoft terkait Free Upgrade ini setelah meraka resmi mengumumkannya pada 24 Juni nanti.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Windows atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version