Pengurus PB Esports Indonesia Resmi Dilantik, Sandiaga Uno Terpilih Sebagai Wakil Dewan Pembina

in ,

PB Esports atau Pengurus Besar Esports Indonesia resmi melantik jajaran pengurusnya untuk tahun periode 2020-2024. PB Esports sendiri merupakan badan atau organisiasi dibawah naungan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) yang bertujuan untuk memajukan kompetisi esports di Indonesia.

Dalam pelantikan jajaran pengurus untuk periode 5 tahun kedepan tersebut, ada beberapa nama besar yang menghiasi pengurus PB Esports. Antara lain adalah terpilihnya Budi Gunawan (Kepala Badan Intelijen Negara) sebagai pemimpin PB Esports Indonesia, Bambang Soesatyo (ketua MPR) sebagai ketua dewan pembina dan Sandiaga Uno (mantan calon wakil presiden) sebagai wakil ketua dewan pembina. Selain itu Giring Nidji yang merupakan musisi dan presiden Indonesia Esports Premiere League (IeSPL) juga terpilih sebagai wakil ketua humas dan komunikasi.

Acara pelantikan PB Esports Indonesia tersebut juga dihadiri Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua KONI Pusat Marciano Norman, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Dewan Pembina Esports Sandiaga Uno, serta perwakilan dari 23 tim Esports Indonesia.

PB Esports Indonesia bertujuan untuk menjadi wadah bagi asosiasi serta atlet esports dalam rangka meningkatkan prestasi Indonesia dibidang game esports di level internasional. Dilansir dari Antara Budi Gunawan mengungkapkan pihaknya akan segera membuat regulasi yang mengatur esports agar lebih jelas dan terarah sehingga bisa lebih banyak menorehkan prestasi di level internasional.

Apalagi saat ini esports sudah diakui sebagai cabang olah raga dan masuk kedalam berbagai perlombaan olahraga tingkat internasional. Salah satunya adalah SEA Games 2019 di Filipina kemarin dimana kontingen Indonesia berhasil menyabet 2 medali perak dari 6 cabang game esports yang diperlombakan. Selain itu cabang game esports sepertinya juga akan dipertandingkan dalam Asian Games 2022 dan Olimpiade 2024.

Roni Istianto

Written by Roni Istianto

Orang Pinggiran