Penjelasan Download RAM yang Harus Kalian Ketahui agar Tak Salah Paham

Download Ram

Memiliki device kentang (termasuk milik penulis) terkadang menuntut kita untuk senantiasa kreatif mencari solusi, salah satunya adalah dengan Download RAM. Entah itu untuk komputer, laptop, atau smartphone, intinya semua yang membutuhkan memori tambahan untuk memuluskan produktivitas dan gaming.

Namun, hal tersebut sukses menciptakan banyak sekali pertanyaan. Gimana bisa mereka kepikiran untuk Download RAM, sementara RAM adalah benda fisik. Nah, untuk menepis miskonsepsi tersebut, kami akan coba jelaskan apa sih yang menarik dari bahasan santai kali ini.

Sejarah Download RAM yang Berhasil Tenar dari Meme

Kalau kalian cukup ‘sepuh’, tentunya akan langsung paham apa yang akan kami bahas di artikel ini. Ya, Download RAM ada meme-nya loh di tahun 2000-an akhir. Namun, sebelum jadi meme, terdapat sejarah singkat yang sekiranya menarik untuk diulik.

Ternyata, guyonan tersebut diawali saat seorang user bernama SpcMs di sebuah forum memposting apakah dirinya bisa mengunduh RAM untuk komputer miliknya. Alasannya? Ia dapat notifikasi bahwa komputer miliknya tengah kehabisan tenaga untuk memproses bermacam aplikasi yang dijalankannya.

Guyonan yang menjadi cikal-bakal meme

Tak sampai lima menit, postingan SpcMs dibalas oleh user lain bernama DMBand0026. Di mana ia menjelaskan bahwa memori atau RAM sama sekali tidak bisa diunduh karena termasuk benda fisik, bukan sebuah aplikasi.

Yah yang namanya dunia internet, kita tidak tahu apakah pertanyaan tersebut benar-benar murni dikarenakan ketidaktahuan, atau sekadar iseng mencari atensi. Namun, kami merasa bahwa hal tersebut bisa saja benar-benar terjadi.

Di tahun 2005, guyonan Download RAM tersebut kembali mengudara di salah satu forum yang cukup dikenal di kalangan pecinta komputer, yaitu Overclockers.

Dikira bercanda ini brott

User bernama lucasp menanyakan hal serupa, “di mana saya bisa mengunduh RAM untuk komputer,” sampai-sampai diikuti banyak user lain yang lakukan hal serupa di forum besar lainnya.

Menawarkan bermacam besaran memori sesuai kebutuhan

Sampai akhirnya, lahirlah situs resmi untuk memudahkan mereka yang kebetulan butuh tambahan memori, yang dinamakan DownloadMoreRAM. Situs tersebut bolehkan kita mengunduh memori tambahan untuk device kesayangan. Besarannya pun bermacam-macam, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Setelah sukses menjalar ke bermacam forum, guyonan tersebut akhirnya menyebar sampai ke Yahoo! Answers, yang sayangnya postingan tersebut sudah tidak bisa ditemukan.

Namun, kala itu semua kemudahan tersebut ‘hanya’ berlaku untuk komputer. Dan tampaknya untuk meramaikan guyonan Download RAM tersebut, kini bahkan sampai menyebar ke smartphone.

Sampai Menjalar ke Smartphone

Setelah mulai ‘bosan’ dengan guyonan tersebut yang ‘hanya’ terbatas untuk komputer, kini guyonan tersebut mulai menjalar ke smartphone. Menariknya, tidak sedikit yang merasa bahwa kapasitas memori RAM besar akan bolehkan mereka menyimpan lebih banyak file di dalam smartphone.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Padahal, RAM atau Random Access Memory tidaklah sama dengan penyimpanan internal alias ROM atau Read Only Memory yang besarannya pun sudah ditentukan. Kendati demikian, hal tersebut tampaknya benar-benar diabaikan oleh kebanyakan orang.

HP mulai dibekali RAM berkapasitas besar

Gak butuh waktu lama, lahirlah guyonan baru, Download RAM HP, Download RAM Android ataupun Download RAM PC dan Download RAM Laptop. Model atau konsepnya pun sama, memberikan ‘mimpi’ untuk memiliki RAM belasan sampai ratusan GB untuk smartphone tercinta, umumnya untuk dijadikan bahan candaan bersama kawan-kawan.

Letak bedanya ada pada aplikasi yang dibuat oleh developer sistem operasi Android. Besarannya pun bermacam-macam, sesuai kemauan si developer. Salah satu contohnya adalah aplikasi bernama ‘8GB Penambah RAM’, yang dari deskripsinya bisa menambah besar RAM sesuai judulnya.

Salah satu aplikasi penambah RAM untuk smartphone

Namun, tetap saja konteksnya tetaplah guyonan, dan tak serta-merta menambah besaran RAM yang telah ada sebelumnya. Malahan, guyonan tersebut terbukti makin tak relate karena saat ini, di mana bejibun brand tawarkan smartphone yang memiliki RAM besar, dan masih bisa ditambah lalui fitur Virtual RAM.

Harganya pun relatif terjangkau, dan tak mencekik layaknya tempo dulu di mana RAM besar adalah sebuah kemewahan tersendiri. Rekomendasi HP dengan RAM besar di kisaran 1 Jutaan Rupiah? Banyak, sampai kami telah membuat list-nya di sini.

Ditujukan untuk Jadi Bahan Candaan atau Sindiran Semata

Faktanya, modul memori atau RAM adalah benda fisik. Untuk komputer atau laptop, kalian dapat dengan mudah melihat dan merabanya dengan membuka casing. Lain halnya smartphone yang mana modul memori tersebut di-solder alias ditanam.

Jadi, kalau kalian masih menemukan meme atau guyonan semacam Download RAM HP, tak usah dibawa serius. Karena pada dasarnya hal tersebut seratus persen mustahil dilakukan hanya bermodalkan software dan bukan hardware, setidaknya untuk sekarang.

Malah jadi meme

Malahan tak jarang guyonan tersebut dipakai untuk menyindir mereka yang kebetulan memiliki spek di bawah rata-rata zaman now. Yang masih saja memaksakan komputer, laptop, atau smartphone miliknya untuk memainkan game keluaran terbaru. Padahal kenyataannya tidaklah sesimpel itu.

Namun, bila kita melompat ke tahun 2000-an, wajar banget kok rasanya kalau kita kepikiran untuk melakukan hal tersebut. Memiliki RAM 2GB sebagai kaum pelajar kala itu termasuk ‘mewah’ pake banget loh, brott.

Jadi, jangan heran kalau guyonan ini sempat populer dan masih dipakai sampai saat ini. Toh, masih ada saja yang memakai perangkat kentang untuk sekadar memenuhi kebutuhan.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version