Penjualan Alan Wake 2 Diduga Tidak Sesuai Ekspektasi

Penjualan Alan Wake 2

Penjualan Alan Wake 2The Game Awards 2023 telah memberikan kesempatan kepada banyak sekali IP baru, baik itu Final Fantasy XVI, Marvel’s Spider-Man 2, Armored Core VI, Baldur’s Gate 3 serta Alan Wake 2. Tentu semua IP terbaik tersebut layak mendapatkan penghargaan.

Hanya saja, ternyata ada sesuatu yang cukup mengganjal bagi para gamer setelah mereka mengetahui sesuatu yang tidak diperkirakan sebelumnya. Ada laporan bahwa penjualan Alan Wake 2 tidak sesuai dengan ekspektasi, terlepas dari prestasi yang diperoleh dari TGA 2023. Benarkah begitu?

Para Analis Berikan Alasan Penjualan Alan Wake 2 Tidak Sesuai Ekspektasi

Kenapa penjualan gamenya diduga tidak sesuai ekspektasi?

IP milik Remedy Entertainment ini mampu mendapatkan sejumlah penghargaan pada acara The Game Awards 2023 yang sempat dikritik karena beberapa hal. Ternyata, beberapa penghargaan serta respon-respon positif tersebut diduga tidak sejalan dengan penemuan hasil penjualan Alan Wake 2.

Kecurigaan ini pun datang setelah Circana, sebuah lembaga analisa perilaku konsumen, tidak memiliki data akurat penjualan Alan Wake 2 sejak perilisannya. Bahkan data set yang dimiliki Circana terbilang belum begitu lengkap.

Mat Piscatella selaku analis dari Circana melalui IGN ungkapkan bahwa hal ini memang mengkhawatirkan. Ia menjelaskan jika data hasil penjualan yang diperoleh bukanlah data resmi dari pihak developer. Mat pun menambahkan bahwa ada kemungkinan besar pihak Remedy Entertainment memang tidak mau memberikannya.

Alan Wake 2

Analis di Circana mengumpulkan data-data hasil penjualan ini secara mandiri dengan mengandalkan data dari beberapa toko retailer. Hasil penjualan ini pun belum dapat dipastikan berapa yang diperoleh dari bentuk digital dan fisik.

Mat Piscatella pun memberikan perkiraannya secara kasar. Ia menemukan jika ranking pemain secara real-time pada Xbox berada pada urutan ke-147 dan urutan ke-115 untuk PS5. Sayangnya, jumlah data tersebut dirasa tidak cukup untuk melihat seberapa suksesnya game ini dari segi penjualan.

Data Jumlah Penjualan Belum Dapat Dipastikan

Data Penjualan dari Piers Harding-Rolls

Informasi lain bersumber dari postingan X milik Piers Harding-Rolls dari Ampere Analysis mengungkapkan jumlah hasil penjualan game tersebut. Ia menyatakan telah diperoleh hasil penjualan sebanyak 850.000 kopi terjual dalam kurun waktu 2 bulan terakhir.

Jumlah ini untuk beberapa orang terhitung tidak terlalu banyak, namun masih terbilang cukup bagus untuk sebuah franchise yang telah lama ditinggalkan. Remedy Entertainment belum mengeluarkan respon apapun soal hasil penjualannya tersebut.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait dengan Alan Wake 2 atau artikel lainnya dari Lazuardi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version