Penjualan Final Fantasy VII Remake Kalahkan Spider-Man di PS4

in
Laris manis.

Meski bukan menjadi sebuah pertanda kesuksesan mutlak, namun penjualan video game sering dikaitkan dengan kesuksesan sebuah judul game. Bahwa game yang laris terjual adalah produk sukses yang tak bisa dipungkiri menghasilkan pundi-pundi uang untuk mensejahterakan para developer maupun publishernya. Membuat mereka terus bertahan di industri yang penuh drama tersebut. Situasi yang sama juga terjadi pada Final Fantasy VII Remake yang saat ini masih eksklusif berkala hanya di PlayStation 4 saja. Menariknya, penjualan game buatan Square-Enix tersebut justru menjadi salah satu yang terlaris sejak perilisannya bulan April lalu.

Ini diamini oleh laporan SuperData yang catat data penjualan video game bulan April 2020 di seluruh dunia. Tercatat bahwa Animal Crossing: New Horizons sukses bertengger di posisi pertama sebagai game console terlaris saat ini. Menariknya, posisi kedua justru diikuti oleh Final Fantasy VII Remake.

Performa penjualan game tersebut tingkatkan angka belanja digital di industri video game yang kini tembus dengan total $10.5 milyar di bulan April. Mewabah COVID-19 yang selama ini dianggap negatif di berbagai media justru turut berikan keuntungan super gila pada industri video game.

SuperData juga menjelaskan bahwa peningkatan keuntungan meningkat sebesar 17% per April 2020. Sementara keuntungan tahunan di setiap platform juga mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Mobile misalnya yang meningkat sebesar 14% dan PC yang meningkat sebesar 12%. Sementara console justru lebih tinggi yakni 42% tiap tahunnya.

Final Fantasy VII Remake disebutkan telah terjual 2.2 juta kopi untuk versi digitalnya, mengalahkan penjualan Spider-Man di penjualan bulan pertamanya. Sementara Animal Crossing New Horizons capai puncak kesuksesannya di bulan April dengan penjualan sebesar 3.6 juta.


Baca lebih lanjut tentang Final Fantasy VII Remake, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Hailing from East Java, Indonesia. Akbar plays almost all video game genres except horror games, but still trying to play it. A simple man who specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]