Square Enix Kecewa Penjualan Final Fantasy XVI Tidak Mencapai Ekspektasi

Penjualan Final Fantasy 16

Penjualan Final Fantasy XVI – Menjadi salah satu pemuka genre JRPG, kehadiran Final Fantasy XVI menjadi game yang cukup diantisipasi tahun ini. Mengadaptasi tema baru melalui konten yang lebih dewasa dan gameplay lebih berfokus action, perubahan tersebut mampu membuat game menduduki skor 87 di situs Metacritic.

Disamping kesuksesannya, nyatanya developer belum puas dengan pencapaian game. Square Enix menyatakan kekecewaanya melalui jumlah penjualan game yang saat ini dilaporkan belum mampu untuk mencapai ekspektasi perusahaan.

UPDATE 8/8, 12::00 WIB: baru-baru ini kami mendapatkan infromasi lanjutan mengenai tanggapan Square Enix terkait penjualan dari game FFXVI. Informasi tersebut sudah kami lampirkan di dalam artikel

Penjualan Final Fantasy XVI Tidak Mencapai Ekspektasi, Square Enix Salahkan PS5

Penjualan Final Fantasy XVI Tidak Mencapai Ekspektasi, Square Enix Salahkan PS5

Melalui laporan pendapatan Square Enix, penjualan Final Fantasy XVI memang mengalami peningkatan. Sayangnya kemajuan tersebut belum mampu menutup penurunan pendapatan yang terjun drastis sebesar 79%, dimana berawal dari 14,4 Miliar Yen kini menjadi 3 Miliar Yen.

Melansir dari Bloomberg, Takashi Kiryu selaku president Square Enix menyatakan penjualan yang rendah disebabkan oleh konsol PS5. Ketersediaan konsol yang sempat mengalami kelangkaan menjadi alasan penjualan game belum mampu mencapai target. Terlebih game untuk saat ini hanya tersedia secara eksklusif di platform PS5 saja.

Final Fantasy XVI

Kini Square Enix berencana untuk mencoba mendorong kembali penjualan game setelah ketersediaan konsol yang sudah mulai meluas. Final Fantasy XVI juga telah dipastikan untuk rilis di platform PC di masa mendatang, yang diharapkan akan lebih memperluas penjualan.

Standar Square Enix Terlalu Tinggi?

Standar Square Enix Terlalu Tinggi?

Dalam beberapa kurun tahun terakhir, Square Enix tak jarang menyatakan kekecewaaannya terhadap sejumlah game yang digarap. Bahkan game yang terbilang sukses seperti Final Fantasy VII Remake dan Guardians of the Galaxy sempat dianggap tak sesuai harapan dalam hal penjualan.

Meski begitu, ekspektasi perusahaan yang tinggi sepertinya bukan hal yang mengherankan. Developer juga tak jarang mendapat kegagalan besar berkat kehadiran game yang dianggap buruk. Seperti Forspoken hingga Babylon’s Fall yang nyatanya memang cukup mengecewakan.

UPDATE (8/8, 12:00 WIB): Masih dalam Ekspektasi Square Enix

FFXVI

Baru-baru ini kami menemukan informasi terbaru terkait penjualan FFXVI tidak mencapai ekspektasi dari Square Enix. Berdasarkan tweet dari David Gibson yang diketahui menghadiri briefing pendapatan Square Enix, hal tersebut kurang tepat.

Menurut informasi yang dia dapatkan di sana, Square Enix mengatakan penghasilan dari FFXVI masih dari jangkauan ekspektasi mereka. Dan mereka merasa performa yang dihasilkan di platform PS5 sebenarnya lumayan bagus.

Itulah informasi mengenai tanggapan Square Enix terkait penjualan FFXVI. Bagaimana menurut kalian? Apakah penjualan FFXVI dirasa kurang bagus bagi Square Enix?


Baca juga artikel-artikel Gamebrott lainnya terkait Final Fantasy XVI serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version