Penjualan Hitman 3 Mampu Tutupi Dana Pengembangan Hanya dalam Seminggu

in , , , , , ,
Hitman3 Article Tile 1
Seminggu saja waktu yang mereka butuhkan untuk tutupi dana pengembangan gamenya.

Mengembangkan game dengan taraf AAA atau dengan marketing dan kualitas tinggi tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Wajar saja apabila drama antara publisher yang paksa developer selesaikan gamenya lebih cepat hingga investor yang saling tuntut karena ingin cepat balik modal sering terjadi.

Oleh karenanya, tak sedikit developer yang mencoba mandiri dengan melepaskan diri dari para publisher. Mulai dari keluar dari perusahaan dan membentuk studio baru, atau yang paling “beruntung”, dilepas oleh publisher dengan hak milik judul game yang selama ini mereka kerjakan. IO Interactive menjadi salah satu yang paling beruntung.

Setelah lepas dari Square-Enix, IO Interactive yang dapatkan hak milik Hitman melanjutkan serinya di iterasi kedua dengan bekerjasama bersama Warner Bros. Kesuksesannya hantarkan mereka untuk rilis iterasi ketiga tanggal 20 Januari 2021 kemarin. Kabar baiknya? Antusiasme para fans akan kehadiran Hitman 3 membuat developer asal Denmark tersebut menjadi yang paling beruntung dan bahagia.

Hal ini bukan tanpa sebab karena penjualan Hitman 3 mampu tutupi dana pengembangan gamenya. Hebatnya lagi? Mereka hanya membutuhkan waktu kurang dari seminggu saja sejak perilisannya.

Berbicara pada GamesIndustry, CEO IO Interactive Hakan Abrak menjelaskan bahwa semuanya terjadi berkat kecintaan para developer dan fans. Dengan percaya diri Abrak melanjutkan bahwa hasil penjualan Hitman 3 mampu menutupi biaya pengembangan gamenya kurang dari seminggu. “Hal itu membuat kami bisa melanjutkan proyek ambisius kami di masa datang”, imbuhnya.

Saat ini Hitman 3 merupakan iterasi terakhir dari trilogi ceritanya. IO Interactive akan menghentikan produksinya terkait game tersebut dan akan fokus mengerjakan proyek 007 James Bond yang diantisipasi oleh banyak fans, baik dari film maupun gamenya sendiri. Sebuah proyek yang sangat cocok dikerjakan IO Interactive, mengingat Hitman memiliki “dasar” yang mirip dengan film agen rahasia tersebut.

Hitman 3 saat ini sudah bisa dimainkan di PC, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X, Nintendo Switch (cloud gaming), dan Stadia.


Baca lebih lanjut tentang Hitman 3 atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).