Penjualan Konsol XBox One Ternyata Hanya Separuh dari Penjualan Konsol PS4

123 7

Pada tahun 2015, Microsoft mengumumkan bahwa mereka tidak akan secara publik memberitahukan hasil sales dari Xbox One. Sehingga kami sendiri tidak dapat mengetahui seberapa banyak console system yang telah dijual oleh microsoft semenjak perilisannya di pasar tahun 2013 lalu. Walaupun begitu, salah satu Video Game Industry Analyst di Niko Partners bernama Daniel Ahmad memberikan claim terbaru tentang sales XBox one yang secara kasarnya mencapai hampir setengah dari penjualan console Sony Playstation 4.

Berdasarkan pengamatan Ahmad, Global Install base untuk Xbox one sampai saat ini ada sekitaran 41 milliar orang, dimana sales hardware microsoft tersebut secara perlahan naik dari tahun ke tahun terutama pada saat perilisan seri terakhirnya yaitu Xbox One X. Ditambah lagi, penjualan game yang cukup signifikan yang membuat penjualan Xbox semakin stabil tiap tahunnya.

Penjualan konsol PS4 sendiri sampai saat ini akan mencapai 100 miliar secara global. Sony Interactive Entertainment sendiri mengumumkan bahwa consolnya sendiri telah terjual sebanyak 91.6 miliar unit secara global. Hal ini menandakan bahwa brand’s PS sendiri telah mendominasi pasar konsol untuk generasi kali ini. Tertinggalnya XBox one dari PS4 mungkin dikarenakan kurangnya game – game ekslusif yang dikeluarkan di konsol itu sendiri. Salah satu situs review yang cukup terkenal yaitu Metacritic sendiri belum lama ini mengatakan bahwa Xbox belum memiliki game Exclusive dengan rating yang cukup positif sampai tahun 2018. PS 4 sendiri telah merilis God of War, Marvel Spiderman dan masih banyak game – game bagus lainnya di tahun 2018 lalu.

Walaupun begitu, Kita hanya dapat berharap bahwa XBox one dan Microsoft dapat mengembangkan konsolnya lebih lanjut di Showcase E3 2019 yang akan diselenggarakan beberapa bulan kedepan untuk menarik perhatian para gamer – gamer dengan brandnya. Xbox sendiri seharusnya memiliki ruang yang cukup besar untuk lebih bersinar di expo tersebut, terutama karena Sony sendiri telah memutuskan untuk mundur dari event tersebut tahun ini.


Baca lagi berita lain mengenai Tech dan Artikel dari Penulis kita Jay.

Exit mobile version