Penjualan Nintendo Switch Berhasil Lampaui PS4 di Seluruh Dunia

Penjualan Nintendo Switch

Meski tidak memiliki banyak launch title menarik ketika dirilis, Nintendo Switch tetap berakhir sukses dan menjadi salah satu konsol wajib beli dalam enam tahun terakhir. Desain hybrid unik yang dikombinasikan dengan segudang game eksklusif luar biasa, terbukti menjadi formula yang tepat bagi Nintendo sekaligus penebusan untuk Wii U yang terbilang gagal.

Kesuksesan Switch bahkan terpampang nyata lewat total penjualan yang mengalahkan salah satu konsol terbaik Sony dalam satu dekade terakhir yaitu PS4. Pencapaian luar biasa itu muncul tak lama setelah beberapa pengamat industri gaming melaporkan bahwa Switch berhasil melampaui penjualan Game Boy pada Januari kemarin.

Penjualan Nintendo Switch Capai 122 Juta Unit di Seluruh Dunia

Switch laris manis

Berdasarkan laporan finansial terbaru yang tak lama ini dirilis Nintendo, Switch berhasil terjual sebanyak 122 juta unit di seluruh dunia pada akhir 2022. Sebagai perbandingan, total penjualan PS4 sejauh ini hanya berada di kisaran 177 juta unit saja. Sebelumnya, Switch juga sempat mengalahkan PS4 untuk urusan total penjualan namun hanya di pasar Amerika Serikat saja.

Total penjualan melebihi platform gaming Nintendo sebelumnya

Dengan pencapaian fantastis tersebut, Switch saat ini menjadi konsol terlaris ketiga sepanjang masa, dibawah DS dan PS2 yang masing-masing terjual sebanyak 154 juta dan 158 juta unit. Meski kalah dari DS dan PS2, kesuksesan Switch dalam terjual sebanyak lebih dari 120 juta unit dalam kurun waktu enam tahun saja, membuatnya jadi konsol tercepat yang berhasil terjual sebanyak itu.

Penjualan Nintendo Switch Diprediksi Tidak akan Melambat dalam Waktu Dekat

Game Zelda baru ditunggu oleh para gamer

Meski Switch telah melewati titik tertingginya, penjualan konsol hybrid garapan Nintendo itu tampaknya tidak akan melambat dalam waktu dekat atau di masa mendatang. 2023 masih akan jadi tahun yang menarik bagi Switch terlebih dengan perilisan salah satu game eksklusif paling diantisipasi mereka seperti The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom yang baru-baru ini dikonfirmasi akan rilis pada 12 Mei 2023 mendatang.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Nintendo Switch atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version