Penjualan PlayerUnknown’s Battlegrounds Kalahkan World of Warcraft Per-Bulan Agustus 2017

in , , , , ,
Sekaligus perkembangan pasar free-to-play video game sebesar 28%.

Persaingan pasar video game kini sepertinya sedang membara, terlebih persaingan pasar di platform PC. Kedatangan pemain baru, PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) menjadikan pasar PC gaming kembali dilirik oleh banyak gamer yang sebelumnya “tidak sempat memperhatikan” platform ini. Game ini sekaligus menjadi trending di PC yang mengakibatkan penjualannya terus meningkat, bahkan melebihi video game legenda sekelas World of Warcraft milik Blizzard.

Badan riset video game dan media interaktif, Superdata baru saja merilis data perkembangan pasar video game digital dunia per-Agustus 2017. Data tersebut menunjukkan perkembangan pasar PC yang turun 10% setiap tahunnya, sebaliknya pasar free-to-play video game justru berkembang sebesar 28% setiap tahunnya. Hal ini memberikan kita gambaran bahwa semakin banyak developer/publisher video game yang mengadopsi model free-to-play video game tersebut. Data ini juga bisa jadi “patokan” masa depan video game di tahun-tahun mendatang, dimana para developer/publisher kemungkinan akan lebih banyak mengadopsi model bisnis free-to-play tersebut.

Superdata menyebutkan bahwa penurunan pasar PC karena rilisnya No Man’s Sky tahun lalu dan event dan map baru pertama Overwatch. Penurunan ini sepertinya tak berlaku pada penjualan PUBG yang terus meroket mengalahkan game legendaris World of Warcraft untuk pertamakalinya. Menjadikan PUBG game berbayar PC nomer satu dalam tiga bulan terakhir meskipun masih dalam masa early access.

Di sisi lain, Hearthstone: Heroes of Warcraft milik Blizzard dapatkan pendapatan tertinggi sepanjang masa berkat ekspansinya Knights of the Frozen Throne yang mendapatkan respon yang sangat baik dari para fansnya. Pendapatan ini meningkatkan pendapatan Blizzard 15% lebih tinggi dibanding pendapatan mereka sebelumnya.

Sementara, Overwatch kembali dapatkan tambahan banyak player bulanannya berkat update terbarunya, hero baru Doomfist, kembalinya event Summer Games, dan dua mode baru Lucio Ball/Copa Lucio Ball dan Free-for-All/Team Deathmatch.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]