Penjualan RTX 3090 Dilarang di Cina, Stok Tersedia Disulap Jadi AI GPU

Rtx 3090 Dilarang

Perang dagang antara AS dan Cina tampaknya semakin memanas. Setelah kemarin AS tidak lagi dibolehkan mengekspor kartu grafis ke Cina, beberapa produsen kedapatan menyulap RTX 4090 milik NVIDIA untuk dijadikan sebagai kartu grafis AI.

Dari sebanyak itu daftar VGA yang diblacklist, memang seri flagship NVIDIA ini yang paling cocok digunakan sebagai mesin penggerak LLM Artificial Intelligence. Pasalnya, ia dilengkapi dengan memori yang mumpuni untuk mengerjakan pemrosesan AI.

Imbas Penjualan RTX 3090 Dilarang, Stok Tersedia Dijadikan AI GPU

RTX 3090 dan beberapa VGA lainnya dilarang ekspor ke Cina

Melansir dari Tomshardware, beberapa pabrikan di Cina tampaknya mempunyai cara untuk utilisasi stok RTX 3090 yang termasuk dalam daftar VGA terlarang. Meski RTX 3090 tidak lebih kuat dari RTX 4090 dari segi performa, itu bukan berarti ia juga tidak bisa digunakan sebagai akselerasi AI.

Secara kasarnya, sistem akselerasi ini lebih membutuhkan jumlah memori yang mumpuni dibanding kemampuan komputasi. Nah, flagship di seri 3000 ini termasuk salah satu yang memenuhi syarat tersebut.

Disulap jadi VGA AI

RTX 3090 dan varian Ti-nya dimodif sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk AI Accelerator. Seperti mengganti housing heatsink yang bongsor di versi aslinya dengan versi blower yang lebih ramping.

Cooler Bawaan Dicopot, Diganti Versi Blower yang Lebih Ramping

Cooler dan heatsink bawaan

Ukuran cooler yang ramping ini membuatnya bisa muat ke server pemrosesan AI nantinya. Ditambah sebenarnya dengan sistem blower seperti ini lebih cocok digunakan untuk setup multi GPU yang dijejer bersebelahan seperti kasus server ini.

Apapun yang jelas, sepertinya kelangkaan kartu grafis ini akan semakin membuat harga VGA di market Cina sana meningkat tajam. Setelah kemarin harga NVIDIA RTX 4090 tembus di harga $2700. Belum dapat dipastikan apakah nanti harga akan semakin melambung tinggi.

Melihat perang dagang yang sepertinya belum ada indikasi berhenti dalam waktu dekat, sepertinya peningkatan ini akan berlangsung dalam beberapa waktu kedepan.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version