Penulis Mass Effect Tinggalkan Bioware Karena Dianggap Berubah Jadi Terlalu Korporat!


EA dikenal sebagai perusak developer dan salah satu developer yang dirusaknya adalah Bioware. Perusahaan yang dibeli oleh EA sering dianggap kehilangan semangat kreatifitasnya. Game yang mereka buat kualitasnya semakin buruk, tak terkecuali Bioware. Satu persatu staff  keluar dari Bioware sejak dikuasai EA, bahkan pendirinya beberapa pensiun dari industri game.

Salah satu orang yang keluar dari Bioware adalah Drew Karpyshyn. Ia merupakan salah satu penulis di Bioware. Ia dikenal sebagai penulis dan editor dari manual Baldur’s gate. Setelah keluar dari Bioware, ia pindah ke Archetype Entertainment. Perusahaan tersebut didirikan oleh veteran di Bioware yang lebih dulu keluarnya, James Ohlen. ia juga memposting komentar kebanggan bekerja disana. “Kami menjadi lebih korporat. Kami kurang mampu membuat apa yang kami sukai, dan tim didorong untuk membuat game berdasarkan riset pasar daripada naluri dan hasrat kreatif kami. Pekerjaan impian saya menjadi hanya pekerjaan, dan saya kehilangan antusiasme dan kegembiraan yang pernah saya miliki. ” penyataannya dikutip dari pcgamer.com

Harapnnya, ia dapat benar-benar menikmati pekerjaannya yang baru di Archetype Entertainment. Semoga juga EA dan Bioware dapat berubah dan menyadari apa yang salah dari perusahaan mereka. Apalagi beberapa game yang memang memiliki cukup banyak penggemar.

Sumber: PCGamer