Penulis Metro 2033 Kritik Keras Aksi Tuntut Penulis The Witcher Terhadap CDPR

in , , ,

Ketika bicara soal game adaptasi buku tersukses, Metro 2033 dan The Witcher menjadi dua game pertama yang muncul di kebanyakan kepala gamer. Kedua game berhasil menjadi game yang bagus dengan maupun tanpa source material yang mereka ambil. The Witcher 3 menjadi salah satu RPG modern favorit banyak gamer yang kini dapatkan serial Netflix sendiri, sedangkan Metro akan dapatkan game ketiga di awal tahun depan yaitu Metro Exodus. Diluar sukses yang hampir sama ini, kedua penulis buku tersebut tampaknya tidak terlalu menyenangi satu sama lain.

Interview bersama media gaming Rusia (via Ostrog), penulis Metro 2033 – Dmitry Glukhovsky ditanyai pendapatnya akan penulis The Witcher – Andrzej Sapkowski yang menuntut CD Projekt Red untuk memberikan royalti tambahan kepadanya meskipun jelas-jelas dia telah berikan hak milik The Witcher secara keseluruhan kepada studio Polandia tersebut dengan uang $10,000 karena keremehannya terhadap eksistensi video game. Glukhovsky merespon pertanyaan tersebut dengan memanggil Sapkowski “bapak tua yang bodoh”.

Glukhovsky berpendapat bahwa salah Sapkowski sendiri apabila dia dapatkan uang sedikit dari brand yang kini sangat populer di mata gamer dan harus merasa menyesal telah remehkan kepopuleran video game dan CDPR saat menjual hal miliknya kepada mereka. Glukhovsky juga menganggap bahwa alasan dia meminta royalti lebih dari CDPR ialah karena “istrinya omeli dia tentang hal tersebut saat malam hari.”

Glukhovsky juga menambahkan bahwa Sapkowski adalah “bapak tua yang tak bersyukur.” Baginya tanpa game adaptasi CDPR tersebut, namanya tidak akan sepopuler sekarang ini. Netflix kini mengangkat The Witcher berbasis akan bukunya karena kesuksesan trilogi game adaptasi CDPR. Dia merasa kalau Sapkowski telah lakukan kesalahan besar telah mencoba menuntut perusahaan tersebut. Tak hanya karena CDPR telah punya hak penuh dari brand yang dia miliki, tetapi juga Netflix dikenal tak mau terlibat dalam kasus hukum apapun. Aksi yang dilakukan Sapkowski dapat berakibatkan batalnya serial Netflix yang tengah dikembangkan apabila kasus tersebut semakin membesar.

Disisi lain, Metro Exodus akan dirilis pada 22 Februari 2019 untuk PS4, PC dan Xbox One. Selain itu game spin-off dengan latar universe The Witcher yaitu Thronebreaker: The Witcher Tales telah dirilis minggu ini untuk PC, Xbox One dan PS4.

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.

Leave a Reply

Your email address will not be published.