Penulis Novel The Witcher Minta Royalti Lebih dari CD Projekt Red

the witcher 3 wild hunt guide walkthrough

The Witcher menjadi salah satu franchise RPG populer di era modern gaming saat ini, namun banyak yang lupa apabila game tersebut merupakan adaptasi dari buku novel karangan dari Andrzej Sapkowski. Dirinya mungkin tak pernah menyangka karyanya akan menjadi sangat populer dalam adaptasi gamenya. Penulis asal Polandia tersebut dulunya hanya menjual lisensi dari The Witcher kepada CD Projekt Red dengan uang yang dibilang tak seberapa  dan tidak mengharapkan bagi hasil dari keuntungan yang didapatkan oleh CDPR atas adaptasi game tersebut. Namun dengan kesuksesan yang didapatkan The Witcher khususnya dalam satu dekade terakhir, Sapkowski memutuskan untuk meminta uang royalti lebih dari developer yang tengah sibuk akan proyek Cyberpunk 2077 ini.

Lewat pengacara dari Sapkowski dan konfirmasi dari CD Projekt Red, sang penulis dilaporkan meminta royalti tambahan melihat seberapa besar perbedaan antara uang yang sebelumnya mereka berikan dengan keuntungan yang CDPR telah dapatkan dari brand milik Sapkowski. Pengacara dari Sapkowski juga mengatakan bahwa dulunya persetujuan dari kedua pihak waktu itu hanyalah membuat satu game dari novel tersebut, melihat The Witcher kini telah menjadi trilogi dan bahkan akan dapatkan dua spin-off kedepannya, CDPR bisa dikatakan memang telah melanggar persetujuan awal mereka.

Sapkowksi tidak tanggung-tanggung dengan permintaan royalti tambahannya kepada CDPR. Beliau meminta sebesar $16 juta atau sekitar Rp240 Miliar rupiah.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

CDPR telah membuat respon akan masalah ini dan mereka menyebut tuntutan dari Sapkowski ini sebagai tuntutan yang “tanpa dasar”. Mereka menegaskan apabila mereka telah sepenuhnya memiliki hak guna dari The Witcher sesuai dengan kontrak yang kedua pihak telah setujui. Meskipun menolak, CDPR masih ingin mempertahankan hubungan antara kedua pihak dan akan membahas masalah ini secara damai kepada Sapkowski sendiri.

Source: PC Gamer 

Exit mobile version