Ini Rupanya Penyebab Game Stuttering, Bagaimana Mengatasinya?

Penyebab Game Stutter

Penyebab Game Stutter – Hal paling menyebalkan adalah ketika game yang kita mainkan itu menawarkan fps yang mulus. Namun, terkadang bisa mengalami stutter atau patah-patah sejenak. Pengalaman bermain seperti itu tentu tidak mengenakkan.

Padahal mungkin kita sudah yakin game yang kita mainkan sudah sesuai dengan rekomendasi developer-nya. Namun tetap saja stutter terjadi dan ujungnya kalian malah menurunkan settingan grafis agar game-nya berjalan lebih mulus.

Definisi stutter atau stuttering sendiri berarti sebuah kondisi dimana frame pada video game tidak sinkron atau mengalami delay. Hal ini bisa saja disebabkan oleh bandwidth koneksi kartu grafis yang terganggu atau memang ada bug dari software. Alhasil game akan terlihat patah sejenak yang bagi sebagian orang sangat mengganggu.

Penyebab Game Stutter, Kenali Dulu Sebabnya

Penyebab game stuttering

Terkadang game stuttering itu bukan karena game yang kalian mainkan itu tidak sanggup diangkat oleh spek PC kalian. Berikut ada beberapa alasan yang mungkin bisa kalian jadikan referensi penyebab game stutter.

1. Cek Update Driver Kartu Grafis

Update driver

Bila game yang kalian mainkan itu adalah game yang baru rilis, ada kemungkinan besar game tersebut belum dioptimalisasi oleh kartu grafis kalian. Saran penulis jika kondisi kalian seperti itu bisa mencoba cek apakah ada update untuk driver kartu grafis kalian baik itu melalui AMD Radeon Settings atau NVIDIA GeForce Experience.

Namun harap perhatikan jika update driver tidak menyelesaikan masalah tersebut berarti kemungkinan terbesarnya bukan di masalah driver. Yang berarti kita harus mencari solusi lainnya.

2. Kondisi PC Throttling

Throttling pada komponen lain

Temperatur PC kalian yang terlalu panas juga bisa menyebabkan stutter. Hal ini disebabkan komponen seperti prosesor dan kartu grafis yang terlalu panas akan secara langsung menurunkan clockspeed-nya. Otomatis hal yang terjadi setelahnya ya game kalian stutter.

Solusi game stutter sebaiknya cek terlebih dahulu kondisi PC kalian mulai dari airflow dan debu jika memang suhu PC kalian terdeteksi abnormal sampai membuat game kalian stutter. Selalu bersihkan PC dan ganti pasta prosesor minimal setahun sekali demi menjaga suhu yang lebih adem.

3. Spek PC Bottleneck

Spek bottleneck

Biasanya untuk bermain game, kebanyakan para gamer hanya memperhatikan spek kartu grafis saja dan menghiraukan komponen lainnya. Memang benar untuk bermain video game, kartu grafis adalah komponen pengolah grafis utama.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Namun ternyata kita tidak hanya bisa melihat dari sisi kartu grafis saja. Mulai dari prosesor, RAM, hingga storage juga bisa jadi penyebab game stuttering. Kondisi stutter yang disebabkan prosesor biasanya karena otak dari komputer telah berada pada kondisi workload 100%. Prosesor yang terlalu timpang dengan kartu grafisnya bisa menyebabkan frame drop atau stutter pada game.

Ukuran RAM yang kapasitas terlalu sedikit serta penggunaan harddisk dengan kecepatan rendah juga bisa berpengaruh jika kalian memainkan game tekstur HD seperti game-game Triple A.

4. Background App yang Terlalu Banyak

Task Manager

Kadang-kadang hadirnya app yang berjalan di background juga turut andil dalam menyebabkan game stuttering. Solusi game stutter kalian bisa mematikan app yang dirasa tidak begitu penting melalui Task Manager.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: Buka aplikasi run dengan kombinasi Win + R, setelah itu ketik taskmgr pada dialog box yang terbuka. Di tab Startup pada Task Manager, klik program yang kalian rasa tidak perlu berjalan ketika PC menyala. Tekan tombol disable pada pojok kanan bawah. Setelah selesai, restart PC kalian. Program yang telah kalian disable tidak akan berjalan secara otomatis lagi setiap kali PC kalian dinyalakan.

5. Penggunaan PCIe Riser untuk Kartu Grafis

Kabel riser kartu grafis

Jika kalian menggunakan PCIe riser pada pemasangan kartu grafis kalian, ada kemungkinan besar bisa menyebabkan stutter. Terlebih jika kalian menggunakan riser bajet rendah atau yang berbeda generasi dengan kartu grafis kalian.

Masalahnya bisa saja mulai dari stutter hingga BSoD. Solusinya kalian mungkin harus mengganti riser dengan yang lebih bagus atau langsung memasang kartu grafis secara langsung ke konektor PCIe di motherboard.

Jadi itulah beberapa penyebab game stuttering yang sering menjadi masalah bagi beberapa gamer. Apakah kalian sering mengalami hal stutter yang menyebalkan ini? Bisa beri komentar kalian ya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait TECH atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version