Harga SSD Bakalan Naik pada Kuartal Pertama 2024 Ini, Ternyata Ini Sebabnya!

Harga Ssd Bakalan Naik

Harga SSD bakalan naik pada kuartal pertama pada tahun 2024 ini ternyata bukan sekadar rumor semata. Melihat tren pasar di awal tahun ini, terlihat besar sekali kemungkinan harga SSD memang akan benar-benar naik. Memangnya apa penyebabnya sih?

Penyebab Harga SSD Bakalan Naik pada Kuartal Pertama Tahun 2024

Ternyata ini penyebab harga SSD akan naik di kuartal pertama tahun ini

Menurut laporan terbaru dari tom’sHardware, kita mungkin akan melihat kenaikan harga untuk komponen penting dalam komputer maupun konsol kita, Solid State Drives (SSD). SSD merupakan jenis penyimpanan data yang lebih cepat dan lebih andal dibandingkan dengan hard drive konvensional yang kini sudah mulai ditinggalkan.

Namun, tampaknya ada masalah di cakrawala karena pasokan penting untuk pembuatan SSD, yaitu flash NAND, yang kini dilaporkan sudah mulai melesu. Flash NAND adalah jenis memori yang digunakan dalam SSD dan sering kali dalam kartu memori dan USB drive.

Bakal terjadi lonjakan harga yang benar-benar akan dirasakan end-user

Besarnya kemungkinan harga SSD bakalan naik ini dipicu oleh beberapa faktor, termasuk peningkatan permintaan untuk SSD berkapasitas tinggi dan perangkat penyimpanan lainnya. Selain itu, banyak manufaktur semikonduktor saat ini tengah mengalihkan fokus produksi dalam upaya untuk memenuhi permintaan yang meningkat di sektor lain.

Sederhananya, harga SSD bakalan naik sekitar 10-20%. SSD dengan kapasitas tinggi akan langsung terkena kenaikan harga, mengingat manufaktur membutuhkan lebih banyak flash NAND untuk diproduksi.

Ada Hubungan dengan Supply and Demand?

Konon ada kaitannya dengan permintaan pasar, alias supply and demand

Meskipun ada kekurangan pasokan flash NAND, hal ini tidak berarti bahwa SSD akan menjadi langka. Manufaktur masih bisa mendistribusikan SSD, hanya saja mereka mungkin tidak bisa memproduksi sebanyak yang biasanya mereka lakukan.

Entah hal ini ada hubungannya dengan supply and demand akan penyimpanan cepat tersebut, namun bisa saja akan terjadi penyesuaian harga di pasar, cepat atau lambat terkait hal tersebut.

Jadi, jika kamu berencana membeli SSD berkapasitas tinggi dalam waktu dekat, mungkin sebaiknya kamu melakukannya sekarang sebelum harga mulai melonjak nih, brott!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version