Penyelundupan Prosesor PC Terjadi Lagi, Kali Ini 780 Prosesor Disembunyikan di Mesin Mobil

Penyelundupan Prosesor Pc

Hari-hari kita melihat berita penyelundupan yang dilakukan oleh oknum di Cina sana. Seperti tidak pernah kapok, kali ini ada lagi berita soal penyelundupan komponen PC yang jumlahnya bisa dikatakan masif, jauh melebihi kasus yang ketangkap sebelumnya.

Apakah kali ini metode yang dilakukan juga sama? Ternyata tidak. Setidaknya kali ini mereka tidak lagi menyelundupkannya di sekitar badan mereka, tapi tempatnya disembunyikan juga bukan mudah tertebak.

Penyelundupan Prosesor PC Kembali Tertangkap oleh Customs Cina

Prosesor komputer yang kerap jadi target penyelundupan

Melansir dari Tom’s Hardware, kali ini Customs di Cina berhasil menangkap penyelundupan prosesor PC dari brand Intel yang jumlahnya 780 buah. Dengan jumlah yang banyak seperti itu, tentu metode menyimpan dalam tubuh sudah tidak bisa lagi diandalkan.

Kali ini, mereka menyembunyikan ratusan prosesor tersebut dalam mesin mobil. Logika mereka sebenarnya masuk saja karena menyembunyikan metal didalam mesin mobil yang juga terbuat dari metal memang akan lebih mudah lolos.

780 prosesor yang disita oleh Customs Pelabuhan Gongbei

Hanya saja karena secara teori mungkin berhasil, bukan berarti praktiknya akan mulus. Nyatanya ketika ada inspeksi manual, sudah pasti hal ini akan terendus oleh pihak Customs dan berujung barang tersebut tersita.

Penyelundupan Prosesor Intel Senilai $137.341 Digagalkan

Prosesor kerap jadi komoditi yang diselundupkan

Tidak tanggung-tanggung, prosesor yang diselundupkan ini juga merupakan generasi terbaru dari Intel setidaknya dari seri Alder Lake hingga Raptor Lake. Terlihat dari bentuk IHS yang memanjang.

Penyelundupan ini juga bernilai sekitar $137.341 atau lebih dari 1 juta Yuan. Pihak Customs pelabuhan Gongbei menemukan sesuatu yang janggal pada mobil yang akan menyeberang dari Macau ke Zhuhai, Cina daratan.

Begitu diinspeksi lebih dekat, ternyata mesin mobil itu sudah dimodifikasi untuk bisa memuat 780 prosesor dan sisanya sesuai berita diatas. Sekali lagi Customs menggagalkan penyelundupan prosesor setelah sebelumnya seorang pria juga ditangkap karena penyelundupan 300 lebih prosesor disekujur tubuhnya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version