Peragaan Demo Anthem di E3 2017 Ternyata Palsu


Follow Us
Kisah kelam di balik pengembangan Anthem.

Dirilis beberapa minggu silam, Anthem menjadi game online looter shooter terburuk menurut beberapa fans berat BioWare. Hal tersebut rupanya tak lepas dari pengembangannya yang mendapatkan berbagai masalah. Karena Anthem yang kita kenal sekarang sebenarnya hanya dibuat selama 18 bulan saja.

Nulis artikel dibayar

Berbicara dengan salah satu penulis Kotaku, Jason Schreier terdapat 19 orang developer BioWare yang tak mau disebutkan namanya mengaku bahwa pengembangan gamenya dipaksa enam sampai sembilan bulan terakhir sebelum ia dirilis. Menurut mereka sebenarnya demo yang dipamerkan di E3 2017 bukanlah sebuah game jadi.

Kamu tak bisa memainkannya. Karena tak ada apapun di sana. Kami hanya dipaksa untuk menyelesaikannya secepat mungkin. Keputusan yang sangat sulit ialah ketika gamenya belum bisa disebut game namun harus memutuskan sesuatu, bagaimana caranya? Tak ada yang bisa dimainkan. Jadi ya, kamu akan terus menanyakannya pada dirimu sendiri.

Laporan Kotaku menegaskan bahwa masalah yang mereka hadapi saat pengembangan adalah tak adanya visi yang jelas, pergantian kepemimpinan, dan susahnya Frostbite Engine untuk digunakan. Membuat banyak dari mereka yang stress dan depresi yang dideskripsikan sebagai wabah di BioWare. Salah satu mantan developernya mengatakan bahwa saking depresinya, mereka bahkan butuh waktu menyendiri untuk menangisinya.

BACA JUGA  Star Wars: Jedi Fallen Order Punya Dunia yang Masif, Hadirkan Sistem Spaceship Dengan Crew


Krisis identitas yang didera oleh Anthem membuat BioWare tak yakin dengan apa yang ingin mereka berikan di demo E3 2017 kemarin. Inti demonya adalah untuk mengesankan eksekutif EA, Patrick Soderlund yang tak setuju dengan demo pertama yang mereka pamerkan. Tak yakin untuk masukkan elemen terbang, BioWare akhirnya melepas demo kedua dan berhasil buat Soderlund terkesan. Sebuah demo palsu yang tak menunjukkan video game sama sekali. Indikasikan bahwa demonya bisa saja merupakan animasi CGI.

Demonya tak dibuat dengan baik, banyak dari demonya merupakan sebuah kepalsuan sama seperti kebanyakan demo yang diberikan di E3. Banyak sekali sesuatu yang membuat kami berpikir, ‘Oh apakah kita mengerjakan ini? Apakah kita memiliki teknologi untuk melakukannya, apakah kita punya alat untuk melakukannya? Sampai mana kamu bisa terbang? Seluas apa dunianya?’

Setelah demonya selesai dipamerkan, pengembangan Anthem dikebut hingga deadline yang telah diberikan. Akhirnya? Banyak sekali yang mengkritik gamenya tidak baik termasuk fans berat BioWare sendiri.

BACA JUGA  Berikut Detil Hingga Tanggal Rilis Season 2 Apex Legends; Mozambique Lebih Berguna?

EA sangat percaya diri dengan Anthem, namun sekarang jelas sudah kenapa ia menjadi game yang tak bisa disebut sebagai game yang baik. Belum jelas apakah BioWare bisa memperbaikinya melalui update terbarunya.

Anthem saat ini sudah bisa dimainkan di PC, PlayStation 4, dan Xbox One. Kamu bisa membaca berita teranyar tentang gamenya agar terus update.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item