Peran FBI Mulai Dilibatkan dalam Kasus Kecurangan Turnamen CSGO Amerika

in , , , , ,
Fbi Csgo Match Fixing

Kasus pengaturan skor jelas adalah salah satu bentuk pelanggaran hukum yang sangat begitu serius di dunia perlombaan atau kompetisi. Kita sering mendengar bila setiap pelaku yang terlibat selalu diganjar adanya sanksi berat dari pihak atau asosiasi yang berwenang. Tidak hanya untuk kompetisi olahraga saja, sebuah penegakkan aturan pun tentunya juga harus digalakkan secara serupa di Esports. Kebetulan, organisasi Esports Integrity Commission atau biasa disingkat ESIC sedang cukup disibukkan dalam hal itu.

Dilansir melalui pemberitaan Kotaku, mereka sendiri kini tengah menginvestigasi suatu kasus pengaturan skor dari satu turnamen CSGO besar di Amerika Serikat. Terutama dari kompetisi turnamen North America MDL (Mountain Dew League). Seolah tindak perkaranya betul-betul dianggap cukup serius dan sudah menjamur sejak lama, Ian Smith selaku komisioner ESIC mengabarkan bahwa dirinya sampai memerlukan bantuan penanganan dari salah satu pihak otoritas negara seperti FBI.

Fbi Ivestigates Csgo

Lebih lanjut, Smith mengungkapkan melalui interviewnya kepada seorang Youtuber Slash32 bila kini sedang diselidiki dugaan adanya pihak kelompok kecil dengan pengaruh besar yang melakukan aksi pengaturan skor (Match Fixing) di turnamen North America MDL. Kabarnya hal ini sudah berjalan sejak lama dengan sistem yang klasik namun tetap terorganisir, yakni melalui tindak suap oleh sindikat betting (judi) dari luar kepada si pemain.

Sehingga karena itulah, ESIC menggandeng FBI yang baru-baru ini membentuk unit khusus di bagian divisi sports betting untuk menginvestigasi dugaan kasus tersebut. Menurut Smith, mereka adalah kelompok divisi penanganan yang tergolong masih hijau berkat fenomena munculnya kasus sports betting di Amerika sendiri yang dulunya belum semarak sekarang. Tetapi, peran dari divisi ini tetap akan sangat begitu dibutuhkan.

CSGO FBI

Dengan proses investigasi yang masih berjalan untuk turnamen kompetisi North America MDL, pihak ESIC sebelumnya telah sempat menghukum 35 pemain pro CS:GO asal Australia yang terlibat aktivitas judi, dengan sebagian yang paling parah malah dilakukan untuk match mereka sendiri. Pihak ESIC pun sudah memberikan hukuman sanksi yang bermacam-macam. Yang teringan mulai dari hukuman banned selama 1 tahun penuh dalam mengikuti turnamen, dan yang terberat sampai 5 tahun (60 bulan).

Sehingga kali ini, patut ditunggu bagaimana gebrakan ESIC bersama FBI dalam mengungkap dugaan skandal pengaturan skor di turnamen MDL CS:GO, beserta dengan putusan pemberian sanksinya kepada pihak-pihak yang memang terbukti bersalah.

Sumber: Kotaku


Baca pula informasi lain terkait CSGO, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]