Perang Politik XBOX dan PS4 Membuat Crossplay Fortnite Terhambat

jpeg jpeg

Crossplay memang telah jadi sebuah bahasan lama yang tak pernah berujung, terlebih lagi permasalahan crossplay antara Playstation(Sony) dan juga Xbox(Microsoft). Politik antara kedua platform tersebutlah menjadi batu keras yang menghalangi crossplatform untuk tercipta.

Menurut  CEO Epic Games Tim Sweeney, berkompetisi antar platform merupakan sebuah hal positif dan juga hal baik bagi industry, dan juga crossplay merupakan sesuatu yang “tak terhindarkan” ini pasti terjadi entah kapan.

CEO Epic Games Tim Sweeny

Melalui konfrensi Game Developer baru-baru ini, Sweeney mengatakan gamer Playstation dan Xbox bermain bermsama merupakan “langkah yang paling logis”.

Ia menyampaikan pidatonya dengan mengutip Hukum Metcalfe, dimana hokum ini menjelaskan bahwa nilai ekonomis akan meningkat sejalan dengan peningkatan jumlah jaringan.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Sweeney kembali menegaskan bahwa, jika Sony dan Microsoft tak memperbolehkan Cross-play, akan berisiko terhadap “rusaknya real-world social group”, dimana akan mengancam masa depan bisnis ini. “Seperti anak di sekolah, apakah kalian piker mereka harus terbagi menjadi 2 kubu platform dan tak bias bermain Bersama ? tentu tidak, Hal ini harus segera di buka. Satu pembatas terakhir ini akan runtuh bagaimanapun caranya.”

Menurut laporan Gamespot, Fortnite sendiri sempat membuat mode Save the wordnya bisa crossplay, banyak redditor yang mencoba dan meng-claim berhasil bermain dengan temanya lintas platform. Saat di konfirmasi mengenai hal ini Developer Fortnite mengiyakan, namun hal itu dianggap sebagai eror konfigurasi dan mereka langsung “memperbaikinya”

Sebenarnya permasalahan Cross-play ini memang telah dikeluhkan oleh banyak gamers karena tak semua orang memiliki platform yang sama, masing-masing orang memiliki seleranya sendiri-sendiri, namun apabila kita berbicara game yang bukan sebuah game eklusif pasti hal ini sangat aneh. Tentu kita masih ingat dengan jelas bagaimana PS4 cukup mempersulit Crossplatform untuk PC pada Game Rocket League. Sepertinya disini Sony memang yang sangat terlihat pasif dan tidak mau berurusan dengan permasalahan Crossplay.

Exit mobile version