Garis Hijau di Layar OLED? Sekarang Bisa Perbaiki dengan Teknologi Laser

Garis Hijau Di Layar Oled

Masalah utama yang banyak ditemukan oleh pengguna smartphone masa kini yang menggunakan layar OLED adalah kebanyakan kalau tidak burn-in ya soal garis hijau. Kalau kendala yang pertama memang sudah ada penyembuhnya, tapi kejadian garis hijau ini masih menjadi momok mengerikan bagi beberapa pengguna smartphone.

Tidak jarang jika layar terkena penyakit layar hijau, maka harga jual smartphone tersebut langsung terjun bebas. Belum lagi masalah tercover garansi atau tidaknya smartphone tersebut karena beberapa brand bahkan menyerah begitu saja. Untungnya sekarang sudah ada solusi.

Garis Hijau di Layar OLED atau Green Line Bisa Disembuhkan dengan Teknologi Laser

Garis hijau mematikan

Melansir dari kanal YouTube Strange Parts, Scotty Allen sang host menunjukkan sebuah teknologi laser yang bisa digunakan untuk memperbaiki penyakit garis hijau pada layar OLED bahkan ketika layarnya sedang menyala sekalipun. Teknologi ini masih sangat baru dan terlihat sudah bisa memperbaiki segala masalah garis yang ada di layar OLED.

Kebanyakan garis hijau ini muncul karena suatu bagian yang tertekan atau karena kecacatan fisik. Karena itulah biaya untuk memperbaikinya sangat tinggi dan biasanya manufaktur menargetkan harga sangat mahal untuk mengganti layar OLED tersebut dengan unit baru.

Kebanyakan pihak repair bisa menyembuhkan sebagian layar hijau dengan mengganti flex. Namun itu bukan solusi untuk atasi semua. Apabila kesalahan terjadi bukan di flex melainkan layarnya langsung, maka teknologi laser ini akan sangat membantu.

Bisa diperbaiki dengan laser

Masalah garis hijau ini terjadi karena ada sebuah traces yang tidak merata atau rusak. Menyebabkan sebuah garis hijau yang terus menyala. Dengan menggunakan sejenis mikroskop, perbaikan garis hijau ini bisa dilakukan dengan bantuan laser yang langsung menembakkan ke sumber penyakitnya.

Bisa Digunakan untuk Sembuhkan Segala Layar yang Kena Garis Hijau OLED

iPhone yang terkena penyakit layar bergaris hijau

Alat ini bekerja tidak hanya untuk iPhone saja sesuai judul video tersebut namun untuk semua layar yang menggunakan jenis panel OLED. Mereka mengatakan kalau dengan alat ini, segala masalah pada layar OLED sudah bisa teratasi (asal layarnya tidak benar-benar rusak).

Walau alat ini pastinya akan sangat mahal dan budget jasa servis kecil-kecilan mungkin tidak terjangkau. Tetap tidak membantah kalau perbaikan layar skala kecil-menengah sudah bisa dilakukan dan tidak perlu mengandalkan manufaktur lagi. Sekali lagi, selama layar smartphone tidak retak dan rusak permanen saja.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version