Perbedaan Minecraft Original dan Bajakan

in , ,
Mcpe

Game memang sangat seru untuk dimainkan apalagi sekarang banyak vendor vendor smartphone bersaing dengan segala spek yang sudah sangat mumpuni untuk memainkan game game yang sedang popular seperti sekarang ini. Contohnya saja game game gratis seperti Free Fire, PUBGM, CODM, Mobile Legends, yang masih sangat banyak peminatnya hingga postingan ini dibuat.

Dengan game game gratis memang sangat memudahkan gamers untuk memainkan game tersebut tanpa harus keluar biaya sepeser pun untuk memainkannya. Akan tetapi tetap saja mereka akan rela membayar untuk membeli item in game tersebut, seperti diamond, voucher, gems, dan lain lain.

Nah dan disini yang mau saya bahas adalah lebih bagus memainkan game yang berbayar atau yang gratisan? Mari kita kesampingkan dulu soal game game yang saya sebutkan diatas. Dan saya akan bahas tentang game game berbayar seperti GTA V, Final Fantasy, Watch Dog, Minecraft dan masih banyak lagi game game berbayar lainnya yang juga sama popular nya dengan game game gratisan.

Sebagai contoh saya akan mengambil game Minecraft PE, karena itu yang paling mudah untuk saya bahas sekaligus saya juga sedang memainkannya 😀

Minecraft memang game dengan menyusun balok balok dan membuat suatu karya dari balok balok tersebut. Sepertinya tidak perlu saya bahas terlalu dalam soal Minecraft ini karena saya yakin para pembaca sekalian pasti sudah tau tentang game Minecraft ini. Grafis dari game ini pun tidak sebagus GTA V, Watch Dog, dan lainnya. Akan tetapi game ini berbayar. Kok bisa game grafis kotak kotak bisa berbayar? Menurut saya nih begini:

  1. Game ini jadi berbayar karena sangat diminati bagi banyak kalangan. Mungkin di Indonesia sendiri pemain Minecraft tidak sebanyak pemain ML, FF, PUBGM, akan tetapi untuk wilayah luar Indonesia masih sangat banyak yang memainkan game ini. Dan Mojang selaku developer Minecraft melihat peluang untuk membuat game ini berbayar. Kalau pemain sudah nyaman, mau dibuat berbayar pun, semahal apapun, pemain juga tidak akan keberatan kan?
  2. Kedua adalah karena tidak adanya item in-game yang hanya bisa dibeli dalam game. Contohnya coin Minecraft untuk berbelanja di Market Place. Coin ini bisa digunakan untuk membeli item item di Minecraft seperti Map, Skin, dan Resources Pack. Tentunya map, skin dan resource pack tersebut bisa kita dapatkan secara gratis tanpa harus punya coin yang cukup. Kita bisa download disitus penyedia resource seperti Planet Minecraft. Kita tinggal cari dan download apa yang kita mau, lalu kita masukan data tersebut ke Minecraft dan booom, kita sudah bisa mendapatkan apa yang kita inginkan tanpa harus keluar duit sepeser pun. Dan mungkin pihak developer menyadari hal ini dan mereka akhirnya membuat game ini berbayar, agar tetap ada pemasukan bagi perusahaan mereka.

Seiring waktu Minecraft juga sudah merilis Minecraft PE versi trialnya. Tentunya ada beberapa fitur yang dikorbankan seperti waktu bermain yang terbatas yakni cuma 30 menit, dan tidak ada mode Creative. Namun bagi yang kebelet ingin main Minecraft versi full nya namun malas beli alias cuma main versi bajakannya juga bisa. Namun tentunya juga ada beberapa perbedaan antara versi bajakan dan versi ori nya.

Lalu apa bedanya Minecraft yang bajakan dan yang original dan apa kelebihan dan kekurangannya?

Bajakan (gratis):

  1. Kelebihan:
    1. Tidak perlu keluar duit.
    2. Mudah didapatkan
  2. Kekurangan:
    Tidak bisa main online (main server) kalau bisa sih Cuma hoki dapet versi crack yang bagus
    1. Tidak bisa main Realms .
    2. Tidak bisa update otomatis
    3. Jika ada update baru, terpaksa harus cari sendiri untuk update.
    4. Tidak bisa Sign-in ke XBox (kalau bisa cuma hoki doang)

Original (berbayar):

  1. Kelebihan:
    1. Bisa main online (main server).
    2. Bisa main Realms.
    3. Bisa update otomatis.
    4. Bisa bermain lewat Wi-Fi
    5. Bisa Sign-in ke XBox
  2. Kekurangan:
    1. Harus keluar duit.

Jadi dengan membeli Minecraft dengan versi yang original kita bisa mendapatkan fasilitas yang lumayan banyak diberikan daripada versi bajakan nya. Mungkin hal ini juga berlaku untuk game game lain. Jadi bagaimana menurut kalian? Mending yang berbayar atau yang gratisan? Kalau menurut saya mending yang bayar jadi ga nanggung nanggung sekaligus support developernya.

Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman saya sendiri. Mungkin sekian dulu post saya kali ini. Semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan. Dan terimakasih sudah membaca ?

#budayakanmembaca

Ahmad Rafi

Written by Ahmad Rafi