Tower of Fantasy vs Genshin Impact — Apa Saja Perbedaannya?

Perbedaan Tower Of Fantasy Vs Genshin Impact Screenshot (33)

Perbedaan Tower of Fantasy vs Genshin Impact – Kehadiran game terbaru buatan developer Hotta Studio dan publisher Level Infinite berjudul Tower of Fantasy (ToF) mencuri perhatian banyak gamer. Terlebih pada pemain Genshin yang mengetahui ada game yang disebut dengan Genshin Killer. Meskipun sama-sama memiliki fitur gameplay action RPG dengan open world yang luas, kedua game tersebut terlebih ToF memiliki keunikannya sendiri yang membedakan mereka satu sama lain.

Perbedaan Tower of Fantasy vs Genshin Impact dari Fitur Gameplay dan Lainnya

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai apa saja perbedaan Tower of Fantasy vs Genshin Impact? Informasi ini berfokus pada perbedaan fitur gameplay yang ada pada ToF dengan Genshin yang paling mencolok dan netral tidak terlalu memilih favorit antara kedua game tersebut berdasarkan pengalaman pribadi penulis.

Inilah perbedaan Tower of Fantasy vs Genshin Impact yang perlu kalian ketahui!

1. Combat

Gameplay ToF

Dari segi combat atau pertarungan, ToF memiliki banyak variasi serangan. Hal ini terlihat pada variasi serangan karakter yang bisa dilakukan oleh pemain, mulai dari Basic Attack, Aerial Attack, Dash Attack, Charged/Launcher Attack, Drop Attack, Weapon Skills, Quick Time Events, Combat Gadget, Double Jump, Air Dash, Perfect Dodge/Bullet Time dan Weapon Swap.

Untuk game Genshin Impact memiliki variasi serangan karakter meliputi Basic Attacks, Drop Attack, Charge Attack, Elemental Skill & Burst, Dodge, Jump, Switch Character.

Pemain hanya bisa menggunakan 1 karakter tetapi bisa menggunakan 3 senjata sekaligus

Selain itu, Player hanya bisa menggunakan satu karakter dengan 3 slot senjata dalam pertarungan di game ToF. Hal ini sangat berbeda dengan Genshin dimana Player bisa memilih 3 karakter yang memiliki tipe senjata mereka masing-masing.

2. Exploration

Sama halnya dengan Genshin, ToF menghadirkan eksplorasi yang luas

Dalam eksplorasi, ToF menghadirkan fitur kendaraan ataupun alat gadget yang bisa membantu pemain dalam eksplorasi dunia dan bisa kalian dapatkan di awal permainan dengan mudah. Alat gadget tersebut meliputi glider, motor, jetpack, grappling hook dan masih banyak lagi. Di Genshin Impact, alat yang dapat membantu eksplorasi pemain saat ini adalah Wing Glider.

Berbagai macam teknologi canggih bernama Relic yang dapat membantu eksplorasi maupun pertarungan

3. Gacha

Banner Black Nucleus

Sama halnya dengan Genshin ataupun game mobile lainnya, ToF menghadirkan sistem gacha lengkap dengan sistem currency-nya. Di ToF, pemain memiliki banyak variasi item agar bisa melakukan gacha, yaitu Black Nucleus, Gold Nucleus, Dark Crystal dan Red Nucleus. Masing-masing item tersebut memiliki banner rate up sendiri dengan persentase rate up item, weapon dan karakter yang berbeda-beda. Berikut penjelasan singkat dari item Nucleus:

Banner Gold Nucleus
Banner Red Nucleus

Masing-masing Nucleus, pemain perlu menggunakan 1 Gold/Black/Red Nucleus untuk sekali gacha pada bannernya dan 10 buah untuk 10x tarik. Sementara Dark Crystal fungsinya untuk bisa ditukarkan dengan Red dan Gold. 150 Dark Crystal bisa ditukarkan untuk mendapatkan 1 Red/Gold. Ada juga banner lain untuk mendapatkan Matrix yang merupakan item khusus untuk karakter maupun weapon tertentu. Masih ada item lainnya seperti Proof of Purchases dan Special Voucher yang fungsinya sebagai item yang bisa ditukarkan dengan weapon disertai karakter pada jumlah tertentu.

Your Hope and Despair

Untuk Genshin sendiri, kalian pasti sudah tidak asing lagi sistem kristal gacha yan dinamakan Primogem. Untuk sekali gacha, pemain membutuhkan 160 Primogem dan untuk gacha 10x membutuhkan 1600 Primogem. Primogem bisa didapatkan dengan banyak cara, mulai dari quest, achievement, treasure, redeem code dan masih banyak lagi.

Banner Genshin Impact 3.0

Setiap Primogem yang bisa kalian dapatkan ini biasanya memiliki jumlah yang bisa dikatakan sedikit dan pemain benar-benar diharuskan menabung untuk bisa gacha. Sementara bannernya sendiri ada beberapa variasi, mulai dari 1-2 Feature Banner, Weapon Banner dan Permanent Banner.

ToF dan Genshin Impact sama-sama memiliki sistem Pity di setiap banner mereka, kecuali banner untuk penggunaan Black Nucleus di Tower of Fantasy. Pity di game Genshin membutuhkan pemain gacha hingga 90 kali untuk mendapatkan jaminan SSR, sementara ToF sebanyak 80 kali di banner Gold/Red dan 40 untuk Banner Matrix.

Banner Matrix

4. Skin Characters

Skin Karakter Genshin Impact yang mengalami perubahan desain dari versi originalnya

Pada saat ini, Genshin masih memiliki sedikit karakter yang sudah mendapatkan skin atau kostum lain. Selain itu ada pula beberapa karakter yang mengalami perubahan desain karakter dari versi originalnya karena suatu hal.

Untuk saat ini, karakter SSR ToF memiliki satu *skin tambahan
(*syarat dan ketentuan berlaku)

ToF diketahui sudah memiliki skin lain untuk karakter SSR dalam game. Untuk mendapatkannya, kalian perlu mendapatkan weapon/karakter yang sama hingga 3 kali setelah itu skin sudah bisa dibuka.

Dan untuk karakter Protagonist, ToF menghadirkan fitur Custom Character yang bisa kalian ubah sedemikian rupa, mulai dari atas sampai bawah.

5. Co-Op Multiplayer

ToF juga memiliki mode Co-Op seperti Genshin

Kedua game ini sama-sama memiliki fitur Co-Op Multiplayer dimana 1 tim terdiri dari 4 pemain untuk bisa bermain bersama menyelesaikan quest, boss hunting ataupun berpetualang bersama di open world. Salah satu keunikan ToF adalah pemain bisa menemukan Player lain di open world dan juga mengajak mereka ikut dalam tim bermain bersama. Jumlah pemain yang bisa kalian temukan di open world dalam permainan kalian minimal 10 Player dan bisa diatur pada setting game.

Selain itu, Tower of Fantasy menghadirkan mode Raid Boss dimana Player bisa join dalam tim yang terdiri dari 8 pemain. Tidak lupa juga ada fitur PvP yang bisa kalian manfaatkan untuk adu mekanik dengan pemain lain.

6. World

ToF memiliki konsep dunia fantasi dengan memasukkan elemen Futuristik

Dunia Teyvat di dalam Genshin Impact sangat identik dengan tema fantasy bersamaan dengan lore-lore yang ada pada lokasi dan juga setiap karakternya. Sama halnya dengan Genshin, Tower of Fantasy menghadirkan tema dunia fantasy juga dengan mencampurkan elemen futuristik dengan berbagai macam teknologi canggihnya.

7. Story

Genshin Impact

Genshin berfokus pada petualangan Traveler yang berusaha mencari saudara/saudarinya yang terpisah ketika bertemu dengan Unknown God dan terlempar ke dunia Teyvat. Traveler bersama dengan Emergency Food Paimon berpetualang menelusuri berbagai tempat berusaha menemukan saudara/saudari Protagonist, membantu orang-orang dan terbawa pada sebuah masalah konflik berhubungan dengan sejarah mereka yang terjadi di dunia Teyvat.

Pamer grafis dulu (Note: mainnya di HP)

Sementara Tower of Fantasy berfokus pada konflik antara 2 faksi, yaitu Heirs of Aida dan Hykros pada era post apocalyptic di Planet AIDA. Kedua faksi ini memiliki tujuannya masing-masing dan pemain akan berpetualang di Planet tersebut dan menemukan banyak hal terkait konflik tersebut.

Meskipun kedua game ini memiliki sedikit perbedaan, namun satu hal yang pasti adalah ToF dan Genshin sama-sama memiliki Protagonist yang bisa dijadikan babu diminta tolong untuk menyelesaikan berbagai misi ataupun menyelesaikan suatu konflik.

8. Style Setting

Ada opsi perubahan style efek warna tampilan di ToF

Selain pengaturan kualitas grafis dari Low sampai High, ToF memiliki settingan opsional yang dinamakan Style Settings. Settingan ini memiliki efek style color pallete pada game yang cukup menarik bisa dipilih oleh Player.

Itulah informasi mengenai perbedaan Tower of Fantasy vs Genshin Impact yang saya temukan setelah mencoba game buatan developer Hotta Studio rilis beberapa waktu yang lalu. Masih ada banyak fitur perbedaan lainnya yang ingin saya jelaskan kepada kalian. Namun fitur tersebut bisa kalian temukan dimana pemain bisa mencoba mengetahuinya sendiri perbedaan kedua game tersebut.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tower of Fantasy, Genshin Impact atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version