Perdana Menteri Jepang Minta Supply Stabil GPU AI ke NVIDIA

Perdana Menteri Jepang

Sudah bukan rahasia umum NVIDIA merupakan nama yang pertama kali dituju jika membahas soal hardware pemrosesan kecerdasan buatan. Sampai saat ini, tim hijau masih menjadi pilihan utama untuk pengembangan generative AI.

Banyak instansi berbondong untuk merilis generative AI mereka sendiri dan tidak mau merasa tertinggal dari tren yang tampaknya tidak akan hilang dalam waktu dekat ini. Termasuk salah satunya adalah Negara Jepang.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida Minta NVIDIA Prioritaskan Jual GPU AI ke Jepang

PM Jepang, Fumio Kishida

Melansir dari Reuters, CEO NVIDIA Jensen Huang katakan akan memenuhi permintaan Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida soal ketersediaan stok GPU untuk pasar Jepang. 

Pertemuan Jensen dengan PM Jepang ini terjadi di hari Senin ini dan sang CEO pun berjanji akan memprioritaskan Jepang untuk penjualan GPU mereka.

Seperti yang kita ketahui, minat pasar untuk GPU kelas AI milik NVIDIA sangatlah tinggi. Menjadikan perusahaan tersebut mendatangkan profit masif di tahun 2023 ini. Langkah Jensen ini bisa dikatakan sebagai upaya agar penjualan tidak menurun tiba-tiba. Pasalnya dari AS sendiri sudah dengan tegas melarang penjualan GPU ke pasar Cina.

Jensen Huang Ungkap Jepang Tengah Fokus di Industri Semikonduktor

Bos NVIDIA Jensen Huang

Kedatangan Jensen ini juga tidak sampai dua minggu setelah Jepang menaikkan bajet ke 2 trilyun Yen untuk investasi chip saja. Hanya saja tidak semua dana tersebut akan digunakan untuk membeli GPU milik NVIDIA.

Beberapa bagiannya akan digunakan untuk mendukung TSMC, dan beberapa dana lainnya akan digunakan untuk pengembangan pabrik chip Rapidus di Hokkaido, bagian utama Jepang. Langkah ini sepertinya mengisyaratkan kalau Jepang juga tidak mau tertinggal dari industri semiconductor yang belakangan ini dikuasai oleh Taiwan dan AS.

Jensen pun katakan kalau negara seperti Jepang sadar kalau mereka butuh memiliki data mereka sendiri, membangun pabrik chip sendiri, dan punya AI mereka sendiri. Bagaimana menurut kalian brott?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version