Performa AMD Ryzen 7 8700G Meningkat Hampir Dua Kali Lipat Saat di-Overclock!

Amd Ryzen 7 8700g

Hype dari prosesor AMD 8000 Series tampaknya akan semakin memanas saja. Bagaimana tidak, ditambah dengan digodanya hasil performa AMD Ryzen 7 8700G yang meningkat hampir dua kali lipat saat di-overclock, menunjukkan adanya potensi yang menarik dari seri 8000 tersebut. Sehebat apa?

Di-Overclock, Performa AMD Ryzen 7 8700G Meningkat Drastis!

AMD Ryzen 8000 aka ‘Phoenix’ dan segudang kelebihannya

Beberapa waktu yang lalu, kita telah membahas betapa menariknya kemampuan dari AMD Ryzen 7 8700G tersebut, yang dikatakan mampu menyetarai kartu grafis diskrit NVIDIA GTX 1650. Namun, hasil tersebut masih terbatas pada pengujian standar, tanpa overclock sama sekali.

Berdasarkan video terbaru dari kanal YouTube SkatterBencher, ternyata performa dari Accelerated Processing Unit (APU) teranyar dari AMD masih dapat ditingkatkan sedemikian rupa.

Setelah Memory Tuning, performanya langsung meningkat drastis

Gak pake lama, kanal tersebut langsung coba meningkatkan graphic clock pada prosesor tersebut perlahan. Dimulai dari gunakan kombinasi PBO 2 dan EXPO, PBO 2 Tuned, Manual Frequency Tuning, CPU Core Overclock, sampai yang terakhir Memory Tuning.

Dari gambar di atas, terlihat bahwa kemampuan dari AMD Ryzen 7 8700G langsung meningkat drastis saat kanal tersebut akhirnya melakukan Memory Tuning. Peningkatan performanya pun tidaklah sedikit, bahkan sampai menyentuh kisaran 60%.

Konsumsi Dayanya Hampir Menyentuh 200W ketika di-Overclock

Konsumsi daya dari sebuah APU yang hampir mencapai 200W?

Overclock yang memiliki arti secara harfiah meningkatkan kecepatan sebuah komponen dengan menambahkan arus listrik, ternyata juga meningkatkan konsumsi daya dari prosesor AMD Ryzen 7 8700G ini sampai dengan 177W, hampir menyentuh 200W.

Hal ini tentunya menarik, mengingat di atas kertas prosesor AMD dengan grafis terintegrasi ini hanya membutuhkan 45-65W layaknya prosesor generasi sebelumnya, namun mayoritas tak pernah menyentuh angka hampir 200W mengingat ini merupakan sebuah prosesor dengan grafis terintegrasi saja.

cTDP di kisaran 45-65W bisa meningkat sampai ratusan Watt?

Namun, konsumsi daya dari prosesor AMD generasi terbaru ini tampaknya masih mendapat lampu hijau, mengingat kemampuannya kini sudah hampir menyetarai GTX 1060, dengan total konsumsi daya keseluruhan masih di bawah 300W saja.

Hm, sepertinya prosesor ini bisa menjadi alternatif menarik buat dilirik yah, brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version