Performa Atlas Fallen Turun Signifikan Dikarenakan Sistem Hybrid P/E Core di Intel Gen 12 Keatas

Performa Atlas Fallen Turun Signifikan

Altas Fallen, judul game Action RPG yang baru-baru ini rilis dan dikerjakan oleh Deck13 Interactive, developer dibalik The Surge dan Lords of the Fallen tampaknya punya isu performa yang cukup serius.

Hanya saja masalah ini mungkin tidak menimpa semua gamer karena spesifik untuk mereka yang menggunakan prosesor dari Intel Alder Lake keatas (generasi 12 hingga terbaru). Seperti yang kita tahu, sejak generasi 12 Intel sudah menggunakan konfigurasi hybrid antara P-core dan E-core.

Performa Atlas Fallen Turun Signifikan Karena Tidak Optimal untuk Intel Alder Lake Keatas

Penurunan performa signifikan pada prosesor Hybrid gen 12 keatas

Melansir dari TechPowerUp, mereka menemukan kalau dengan mematikan E-core pada prosesor berjenis Hybrid seperti Intel Core i9-13900K pada metode testing mereka. Terdapat peningkatan performa yang sangat signifikan dari yang awalnya 136/152 fps. Begitu mematikan E-core, performa meningkat menjadi 187/197 fps.

Utilisasi semua core termasuk E-core (Sumber: TechPowerUp)

Hal ini menurut analisa ditemukan oleh pihak TechPowerUp adalah game tersebut tidak bisa membedakan antara P-Core dan E-core dalam utilisasi game. Dimana game tersebut memang menggunakan semua Core dari 8 Core Performa. Namun juga 16 Efficiency Core yang sejak awal tidak didesain untuk melakukan pekerjaan berat.

Game Seharusnya Andalkan P-Core Saja

Game Atlas Fallen yang rilis di Xbox Series, PC, dan PS5

E-Core memang ditujukan untuk pekerjaan ringan di balik layar dan P-Core lah yang seharusnya menghandle semua heavy load termasuk diantaranya rendering game. Dengan game Atlas Fallen ikut menggunakan E-Core untuk kinerja render, yang ada malah menghambat performa dihasilkan dan berujung penurunan performa signifikan.

Dengan mereka mematikan E-Core lewat bios, performa game tersebut kembali naik ke angka seharusnya. Hingga pengguna yang sekarang mengalami hal serupa dianjurkan untuk mematikan E-core terlebih dahulu atau menunggu hingga developer memberlakukan patch demi atasi problem ini.

Bagaimana brott? Apakah kalian salah satu yang terkena kendala seperti ini? Coba beri komentar kalian ya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Games atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version