Performa GPU Apple M1 Tidak Sesuai Klaim Bisa Lebihi RTX 3090

Gpu Apple M1 Studio

Perusahaan Apple baru-baru ini gembar-gemborkan bahwa performa dari GPU Apple M1 miliknya mampu saingi flagship kubu hijau NVIDIA RTX 3090. Raksasa tersebut klaim chip teranyarnya bernama M1 Ultra yang dipersenjatai 64 CU sudah lebih dari cukup untuk lawan keperkasaan NVIDIA.

GPU Apple M1 Tak Sebanding dengan RTX 3090

Sebagaimana yang kita ketahui, produk dari Apple kerap diperuntukkan untuk content creation dan bukan menyasar segmen gaming. Idealnya, bila klaim Apple benar adanya, seharusnya performa chip M1 Ultra mampu bersaing dengan para kompetitor.

Tidak hanya itu, Apple juga seolah sindir bahwa chip dari M1 Ultra lebih hemat 200W dari konsumsi daya. Melansir penjajalan yang dilakukan oleh TheVerge, terlihat bahwa performa GPU Apple M1 tidak sesuai dengan klaim. Ditanamkan pada produk andalannya, Apple Mac Studio yang hadir dalam bentuk ringkas ini ternyata tak sesuai dengan marketing-nya.

Di bawah ini merupakan hasil benchmark yang telah dieksekusi TheVerge untuk buktikan keabsahan dari klaim Apple:

Tampak bahwa GPU Apple M1 lumayan kepayahan lawan kekuatan NVIDIA RTX 3090. Tentu hal ini tak sesuai dengan klaimnya yang bahkan telah disebut sebelumnya pada keynote. Mulai dari Geekbench 5, sampai dengan memainkan games Tomb Raider, tunjukkan bahwa kemampuan GPU Apple M1 di bawah RTX 3090.

Meski dipertandingkan pada resolusi 1080P dan 1440P, namun hasil yang ditawarkan benar-benar jauh dari apa yang diklaim Apple. NVIDIA RTX 3090 mendominasi dengan 142 FPS dan 114 FPS di game Tomb Raider.

Namun di sisi lain Mac Studio (Varian Ultra) hanya mampu suguhkan 108 FPS dan 96 FPS pada game tersebut. Sedangkan Mac Studio (Varian Max) boleh berpuas diri dengan 86 FPS dan 62 FPS. Artinya, ada selisih performa sebesar 30-40% di sektor pengolahan grafis bila disandingkan dengan GPU NVIDIA RTX 3090.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version