Performa RTX 4090 Disebut Lebih Superior Dibandingkan dengan RTX 3090 Ti

Rtx 4090

Kehadiran dari Graphic Processing Unit (GPU) terbaru dari kubu NVIDIA dengan codename Ada Lovelace, RTX 4000 Series tampaknya kian dinanti. Terlebih dengan munculnya hasil benchmark di mana performa dari RTX 4090 yang lebih superior dari flagship zaman now yaitu RTX 3090 Ti.

Kemampuan dari RTX 4090 Bukan Sekedar Kabar Angin

Meski belum resmi meluncur di pasaran, namun hasil benchmark ini diutarakan oleh salah satu leaker kenamaan di dunia komputer. Adalah kopite7kimi, yang kerap jadi acuan bocoran-bocoran yang berseliweran untuk urusan GPU.

Sumber: Twitter

Lalui cuitannya baru-baru ini, ia katakan bahwa RTX 4090 benar-benar tawarkan kemampuan yang benar-benar masif. Ia bahkan tegaskan bahwa GPU RTX 4090 adalah satu-satunya GPU yang berhasil tembus dinding benchmark TimeSpy Extreme di angka 19.000.

RTX 3090 Ti Kingpin Edition milik salah satu user biso biso hanya berhasil tembus benchmark TimeSpy Extreme 14.611. Artinya, terdapat selisih sampai dengan 4.000-an di mana GPU RTX 4090 benar-benar lebih gahar ketimbang flagship zaman now.

Bila data yang dihadirkan oleh sang leaker benar adanya, dapat disimpulkan bahwa terdapat beda kemampuan sampai dengan 30% ketimbang generasi saat ini. Bahkan tidak tutup kemungkinan beda tersebut akan makin jauh ketika GPU dengan codename Ada Lovelace tersebut luncur di pasaran.

Goda Konsumsi Listrik Sampai 1000W

Demi mencapai hasil tersebut, tentu akan butuhkan konsumsi daya yang tidaklah sedikit. Bahkan, bulan lalu kopite7kimi tegaskan bahwa konsumsi daya dari RTX 4000 Series bisa sentuh 800W. Besar kemungkinan GPU yang dimaksud adalah RTX 4090 yang goda benchmark-nya ini.

Namun konsumsi daya tersebut cukup masuk akal melihat CUDA Cores yang ditawarkan ialah 70% lebih banyak ketimbang generasi saat ini. Ditambah dengan dibuat dengan fabrikasi 5nm, yang tampak makin sempurnakan kehadiran dari GPU generasi terbaru besutan kubu NVIDIA.

Kami merasa bahwa kehadiran RTX 4000 Series ini akan bisa dikaitkan dengan lahirnya dari era metaverse yang butuhkan komputer kuat.

Namun, kami tak sabar untuk lihat hasil benchmark ketika GPU tersebut berhasil luncur di pasaran, meski tak tahu kapan.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version