Gokil! Performa Steam Deck Lebih Baik di SteamOS Ketimbang Windows

Penyimpanan Steam Deck

Tidak terasa kehadiran Steam Deck sudah hampir berumur tiga minggu, dan banyak gamers yang cukup puas dengan kehadirannya. Beberapa pihak ada yang ‘iseng’ menjajal sistem operasi Windows 10 pada handheld computer miliknya. Namun, ada pula yang katakan bahwa performa Steam Deck lebih baik di Steam OS ketimbang Windows.

Steam Deck Masih Ideal di Linux

Beberapa waktu silam, driver atau aplikasi khusus Windows untuk Steam Deck mengudara. Tak butuh waktu lama, seorang Youtuber kondang LinusTechTips (LTT), berinisiatif untuk membuat sebuah konten yang membandingkan performa antar sistem operasi.

Demi buktikan performa yang dihasilkan oleh kedua sistem operasi, LTT eksekusi beberapa games, Hitman 3, Doom Eternal, dan Elden Ring. Hasil dari benchmark yang dilakukan oleh sang Youtuber bisa kalian lihat di bawah ini:

LTT kembali tekankan bahwa driver Windows khusus handheld computer besutan Valve masih jauh dari kata sempurna. Tidak hanya itu, ada beberapa problem seperti sleep mode yang tak berfungsi yang memaksanya untuk mematikan secara paksa.

Hal ini makin diperparah dengan absennya fitur esensial yang dibutuhkan sistem operasi Windows, buat pengalaman ketika gunakannya benar-benar tidak nyaman.

Untuk hasil benchmark-nya sendiri, kalian bisa melihat gambar-gambar di bawah ini yang tentunya masih berdasarkan pengujian oleh LTT.

Berdasarkan benchmark di atas, terbukti bahwa performa dari Steam Deck lebih baik dan konsisten ketika manfaatkan SteamOS daripada Windows 10.

Dalam games Hitman 3 misalkan, SteamOS mampu berikan 34 FPS ketimbang Windows yang hanya bisa berikan 19 FPS. Sama halnya dengan Doom Eternal, di mana 60 FPS bisa dicapai oleh SteamOS, namun 47 FPS dengan sistem operasi Windows. Terakhir diikuti oleh game Elden Ring, yang mana SteamOS sentuh 37 FPS, dan Windows hanya sentuh 30 FPS.

Gimana menurut kalian brott? Apakah kalian tertarik untuk menjajalnya dengan sistem operasi Windows meski driver untuk Steam Deck ini condong ke Linux?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version