Perihal Blokir Internet Papua Moeldoko: Dulu Engga Ada Juga Hidup

in , ,
Sumber: Riausky.com

Beberapa hari yang lalu dunia maya ramai dengan berita mengenai isu pemblokiran internet di daerah Papua dan Papua Barat oleh Kominfo. Tindakan ini diberlakukan untuk mempercepat pemulihan situasi dan ketertiban di kedua wilayah tersebut pasca terjadinya kerusuhan.

Dilansir dari laporan CNN Indonesia, Moeldoko selaku kepala staf kepresidenan mengklaim bahwa internet tidak dibatasi secara penuh, melainkan hanya diperlambat kecepatan aksesnya.

“Sepanjang itu untuk keamanan nasional itu prioritas. Bukan mematikan tapi ada upaya untuk memperlambat,” kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (22/8).

Meski sudah memberikan klarifikasi perihal perlambatan kecepatan akses internet Papua dan Papua barat yang diperlambat, Moeldoko belum memberikan kepastian sampai kapan pembatasan internet tersebut akan berlangsung. Sehinga Mantan Panglima TNI itu meyakini bahwa rutinitas masyrakat disana tetap bisa berjalan seperti biasa.

“Enggak (mengganggu aktivitas), dulu kita juga enggak ada (internet) juga bisa hidup kok,” ucapnya.

Moeldoko juga membantah pemerintah disebut memblokir akses internet di Papua dan Papua Barat.

“Ya kan nggak dimatikan, siapa yang bilang dimatikan. (Hanya) dilemotkan,” kata Moeldoko.

Pemblokiran atau pembatasan akses dunia maya ini juga bukan kali pertama dilakukan oleh pemerintah dalam menanggapi kerusuhan demonstrasi. Pada 22 Mei 2019 pasca kerusuhan yang terjadi di Jakarta, pemerintah juga sempat membatasi akses dunia maya di beberapa daerah di Jawa. Namun yang membedakan kala itu, pemerintah baru membatasi sosial media untuk menghentikan penyebaran berita Hoax.

Source: CNN Indonesia

Jika kalian ingin membaca berita mengenai teknologi yang masih hangat kalian bisa membacanya disini.

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person