Perilisan Console Next Gen Akibatkan Harga Game Meningkat Drastis Selama 15 Tahun Terakhir

in , ,

Sepertinya perilisan console next-gen memberikan dampak besar pada harga game dipasaran. Pasalnya untuk pertama kali dalam 15 tahun terakhir harga video game mengalami peningkatan drastis, dari yang semula game-game baru dihargai $60 dollar atau setara dengan Rp 888.000, kali ini game-game top-end untuk game generasi PS4 dan yang dirilis untuk console next-gen dibandrol seharga $70 atau setara dengan 1juta rupiah.

Hal tersebut menandai sejak tahun 2005, harga mengalami peningkat yang cukup signifikan, dimana game pertama yang dibandrol dengan standar harga baru tersebut adalah NBA 2K21 versi next-gen. Dimana game simulasi basket tersebut bisa kamu beli dengan harga $70. Selain itu game-game baru seperti Call of Duty: Black Ops Cold War dan Demon’s Souls, rencananya juga akan dibandrol dengan harga serupa.

Perubahan harga tersebut sendiri dianggap wajar, dikarenakan console next-gen sendiri akan menjadi sebuah platfrom yang mampu mewakili wajah indusrti game, sehingga banyak pengembang mencoba mengembangkan berbagai engine baru, yang menyebabkan banyak pengembang menekan harga video game. Namun menurut statistik dari lembaga pekerja Amerika Serikat, peningkatan harga drastis tersebut diakibatkan meningkatnya infalsi, dimana bisa diartikan bahwa harga $60 pada tahun 2005 memiliki nilai yang sama dengan $70 pada tahun 2020 ini.

Tentunya standar harga baru tersebut menjadi sesuatu hal yang menarik untuk kita simak. Dimana biaya produksi game-game next-gen benar-benar memakan waktu sehingga membuat para publisher mau tidak mau harus meningkat harga jual game. Namun dilain sisi, kita akan disajikan sebuah game-game dengan kemampuan engine yang bisa menjalankan performance terbaiknya diconsole next-gen. Mari kita nantikan sepak terjang Sony dan Microsoft lewat console next-gen mereka!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Video Game serta artikel keren lainnya dari Andi Permana.
For any further collaboration, Contact me at [email protected]

Andi Permana

Written by Andi Permana

Semenjak aku megenal kerja lembur,aku berhenti percaya dengan sarapan pagi dan cinta pada pandangan pertama!