Perilisan Dock Steam Deck Resmi Harus Ditunda

Dock Resmi Steam Deck

Dock Steam Deck – Sama seperti Nintendo Switch, PC gaming handheld dari Valve yaitu Steam Deck, hanya memiliki satu port USB-C. Dengan keterbatasan itu, menghubungkan lebih dari satu perangkat tambahan seperti keyboard dan mouse di saat yang bersamaan, jadi sangat tidak mungkin kecuali lewat bantuan perangkat lain seperti USB Hub.

Valve Tunda Perilisan Dock Resmi Steam Deck Karena Kelangkaan Komponen

Steam Deck Docking Station sejatinya memiliki solusi sendiri untuk masalah tersebut dalam bentuk dock resmi. Namun sayangnya, Valve mengumumkan jika dock tersebut tidak akan dirilis bersamaan dengan Steam Deck melainkan pada musim semi 2022. Kini setelah beberapa bulan tidak ada kabar, Valve akhirnya mengkonfirmasi jika perilisan Steam Deck Docking Station resmi ditunda.

Valve Tunda Perilisan Dock Resmi Steam Deck Karena Kelangkaan Komponen

Valve menyebut jika perilisan dock resmi tersebut harus ditunda karena kelangkaan komponen dan ditutupnya fasilitas untuk memproduksi karena COVID-19. Alasan yang kedua cukup menarik, karena nampaknya penutupan fasilitas produksi tidak terjadi pada fasilitas yang memproduksi Steam Deck itu sendiri.

Bagi yang tidak tahu, Steam Deck Docking Station memuat berbagai macam port, disamping satu kabel USB-C agar bisa terhubung ke Steam Deck. Beberapa diantaranya seperti satu port Display Port 1.4, satu port HDMI 2.0, satu port Gigabit Ethernet, satu port USB-C dan tiga port USB A 3.1.

Meski Ditunda, Banyak yang Yakin Jika Dock Resmi Steam Deck Tetap Rilis Tahun Ini

Perilisan Dock Steam Deck Resmi Harus Ditunda 3

Meski perilisannya ditunda hingga waktu yang tidak ditentukan, banyak yang yakin jika dock resmi untuk Steam Deck masih akan meluncur di tahun ini. Namun belum diketahui apakah nantinya, Valve akan menerapkan sistem reservasi sama seperti Steam Deck, atau justru sebaliknya di mana pemain bisa membeli dock tersebut kapanpun mereka mau. Akan tetapi jika melihat kurangnya komponen sebagai alasan besar mengapa dock tersebut ditunda, maka sistem reservasi jadi pilihan yang paling masuk akal.

Sumber: Rock Paper Shotgun


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Steam Deck atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version