Peringati Hari Aman Berinternet, Minecraft Education Edition Luncurkan Dunia Baru

Minecraft Education Edition Internet

Untuk memperingati Hari Aman Berinternet 2022 (Safer Internet Day), Minecraft kini memfasilitasi anak – anak, orang tua, dan pengajar dengan sesuatu yang dapat memperluas wawasan mengenai keamanan digital. Untuk memenuhi hal itu, Mojang Studio meluncurkan world baru dengan nama CyberSafe : Home Sweet Hmm di Minecraft : Education Edition

Internet telah menjadi bagian dari kehidupan sehari – hari tanpa memandang usia. Bagi anak – anak, terhubung ke internet adalah bagian dari proses perkembangan mereka. Mulai dari bersosialisasi dengan teman, bermain, dan belajar.

Penulis percaya bahwa teknologi dan gaming dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan. Namun, tentu saja harus didampingi dengan penggunaan internet yang bijak. Maka, kebijakan dan keamanan berinternet perlu diajarkan kepada pengguna anak – anak.

CyberSafe : Home Sweet Hmm merupakan world baru yang dirancang untuk anak berusia 7 – 12 tahun, serta mengajarkan mereka betapa pentingnya menjaga keamanan saat menjelajah di Internet. Lantas, apa saja yang bisa ditemukan di CyberSafe? Yuk kepoin!

Tentang CyberSafe : Home Sweet Hmm

Peringati Hari Aman Berinternet, Minecraft Education Edition Luncurkan Dunia Baru 3

Pemain akan memulai permainan di rumah virtual yang mana kita akan bertemu dengan NPC bernama “Trusted Adult”. Dia lah yang akan menjadi pemandu kita selama permainan berlangsung. Dari sana, pemain akan melewati berbagai tantangan tentang keamanan cyber. Dimulai dari verifikasi kontak, menjaga keamanan password hingga mencegah penipuan online. Tantangan – tantangan tersebut adalah :

  1. Want to Play Online With Me?
    Salah seorang teman sekolah akan mengajak pemain untuk bermain game online bersama dan saling bertukar username. Namun, pemain akan dihadapkan pada sebuah tantangan yang mana akan ada empat buah friend requests dengan username serupa. Pemain harus cerdas memilih request mana yang harus diterima berdasarkan detail username yang diberikan. Hal ini bertujuan agar anak – anak tidak sembarangan berinteraksi dengan orang asing.
  2. Online maze? I can complete it!
    Pemain akan sampai pada sebuah labirin dengan seorang NPC bernama “Pro Gamer”. Ia menawarkan sebuah kode cheat yang akan membantumu untuk melewati labirin. Dan sebagai bayarannya, pemain harus memberikan detil informasi pribadi kepada si “Pro Gamer”. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan anak-anak untuk tidak semena-mena bertukar informasi pribadi dengan siapapun.
  3. New emerald armor?! Definitely!
    Trusted Adult telah memesan sebuah armor emerald dari MineMart, namun pihak MineMart mengatakan ada masalah dengan pesanan tersebut. Pemain harus pergi ke MineMart dan memberikan informasi mengenai akun pribadi. Sekali lagi, pilihan ada di tanganmu! Sama halnya dengan labirin, tantangan yang satu ini adalah pengingat untuk tidak sembarangan memberi informasi mengenai hal – hal pribadi ke orang lain.
  4. Yummy! Pumpkin pie!
    Trusted Adult meminta pemain untuk membeli pumpkin pie di situs online terpercaya. Namun, akan ada beberapa hasil yang berbeda mengenai pumpkin pie yang diminta oleh Trusted Adult. Maka, pemain harus memilih produk yang sesuai berdasarkan review, rekomendasi, dan sumber lain yang terpercaya. Tantangan yang satu ini mengajarkanmu untuk pandai mencari sumber informasi berkualitas dan terpercaya. Seperti Gamebrott.com contohnya, hihi~
Peringati Hari Aman Berinternet, Minecraft Education Edition Luncurkan Dunia Baru 4

Melalui CyberSafe : Home Sweet Hmm, kamu tidak hanya akan bermain namun juga akan mendapatkan nasehat dari Trusted Adult tentang keamanan berinternet. World ini bisa didapat gratis oleh seluruh pemain Minecraft : Education Edition, lho. Menarik banget kan, brott?

Kehadiran CyberSafe di Minecraft : Education Edition diharapkan dapat memperluas wawasan para orang tua dan anak – anak tentang betapa pentingnya menjaga keamanan di era digital 4.0 ini. Dan Hari Aman Berinternet Sedunia tahun 2022 merupakan kesempatan yang baik untuk mengajak para penggunanya agar menjadi netizen yang bertanggung jawab dan berpikir kritis.

Kamu bisa mainkan Minecraft : Education Edition di platform PC, Chromebook, dan iPad.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game PC atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version