Muncul Notifikasi Personalized Ads di Google Chrome yang Buat Panik, Ada Apa?

Personalized Ads Di Google Chrome

Masalah keamanan data memang bukan sesuatu yang bisa dikatakan sepele. Setelah data milik pribadi tersebar di internet, kita sudah tidak punya kuasa apapun atas penggunaannya. Hal inilah yang sebenarnya banyak jadi kekhawatiran netizen.

Berbicara tentang privasi data, ada banyak yang sebenarnya bisa dikoleksi oleh peramban seperti Google Chrome tentang preferensi seorang user. Mulai dari riwayat browsing hingga data tersebut bisa digunakan sebagai iklan tertarget.

Muncul Notifikasi Personalized Ads di Google Chrome yang Buat Panik

Muncul notifikasi yang diluar dugaan

Melansir dari MsPowerUser, Google Chrome baru-baru ini memunculkan sebuah notifikasi baru yang mengisyaratkan kalau mereka akan mengoleksi data riwayat browsing pengguna untuk digunakan sebagai iklan tertarget atau personalized ads.

Notifikasi berjudul Enhanced ad privacy in Chrome tersebut akan mengoleksi topik minat pengguna selama browsing beberapa minggu terakhir. Chrome dikabarkan juga akan membagikan 3 topik yang menjadi profil iklan tertarget pengguna sembari merahasiakan identitas pengguna.

Enhanced ad privacy di Chrome

Browser tersebut juga dikabarkan akan menghapus data yang sudah berumur lebih dari 4 minggu dan setiap pengguna melakukan browsing, akan muncul topik baru sesuai dengan apa yang dicari pengguna.

Tidak Ingin Di-Tracking? Ikuti Cara Ini

Cara agar tidak di-tracking

Tentu beberapa pengguna merasa tidak nyaman dan tidak ingin di-tracking datanya oleh sebuah korporasi. Tapi, ternyata ada cara yang bisa dilakukan kalau tidak ingin mendapatkan iklan tertarget.

Cara untuk menghentikan Google Chrome memunculkan iklan sesuai riwayat browsing adalah sebagai berikut: Pertama kalian buka Settings pada Google Chrome lalu pilih Privacy and Security. Setelah itu pilih Ad privacy dan pada toggle bagian Ad topic, geser ke arah kiri atau sampai tidak berwarna biru lagi.

Dengan cara seperti itu kalian sudah tidak lagi mendapatkan iklan tertarget karena Chrome tidak lagi memakai riwayat browsing kalian. Bagaimana menurut kalian soal ini? Kalau mau rekomendasi peramban selain Chrome, bisa cek artikel yang ini, brott.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version