Perubahan Kebijakan Unity Kini Beri Batas Potongan

Perubahan Kebijakan Unity Featured

Sebelumnya, Unity yang merupakan engine game yang digunakan oleh judul – judul terkenal seperti Among Us, Genshin Impact, Rust, dan lainnya membuat permintaan maaf atas kebijakan terbaru mereka.

Kebijakan yang dimaksud adalah Unity Runtime Fee yang nantinya akan membebankan biaya kepada para developer yang menggunakan engine ini setiap game mereka diinstall oleh pengguna setelah mencapai batas minimum yang ditentukan.

Perusahaan ini sendiri juga menjelaskan bahwa mereka akan mengumumkan perubahan tentang kebijakan tersebut dalam waktu dekat. Dan sepertinya, beberapa perubahan kini telah diketahui.

Perubahan Kebijakan Unity Tak Jauh Beda?

Perubahan Kebijakan Unity Beri Batasan

Dilansir dari laporan Bloomberg, perubahan kebijakan unity yang baru ini masih belum diumumkan secara public oleh mereka. Namun beberapa hal kini telah diketahui mengenai perubahan yang dimaksud.

Berdasarkan rencana baru yang tentatif ini, Unity akan membatasi biaya ke 4% dari revenue game jika telah melewati 1 Juta Dollar US. Artinya, perusahaan ini tidak akan mengambil biaya penuh jika kalkulasi instalasi melebihi dari 4% keuntungan game terkait.

Laporan ini juga menjelaskan kebijakan yang akan berubah ini tidak akan berlaku secara retroaktif menghitung instalasi yang terjadi sebelum kebijakan berlaku nanti pada tanggal 1 Januari 2024.

Dan perubahan terakhir yang dikabarkan adalah Engine ini tidak lagi menggunakan “model data” yang mereka miliki untuk menghitung total install. Unity nantinya akan meminta para penggunanya untuk melapor secara personal untuk total install dan sebagainya kepada mereka.

Perubahan Rencana Masih Bisa Berubah Lagi

Perubahan Kebijakan Masih Bisa Berubah Lagi

Laporan ini merupakan hasil rapat yang diadakan kemarin, namun belum secara resmi diumumkan kepada publik. Mungkin saja perubahan ini dapat berubah lagi ketika diumumkan nanti.

Berdasarkan laporan yang sama, Eksekutif Perusahaan tersebut, Marc Whitten, juga mengatakan perubahan terbaru ini memang belum publik dan Eksekutif perusahaan masih mencoba menjalankannya dengan partner – partner dan tidak ingin mengulangi kekacauan komunikasi seperti minggu lalu”

Memang kebijakan kontroversial ini menjadi kekacauan dan membuat banyak pihak melakukan protes. Bentuk protes yang hadir juga memiliki banyak bentuk mulai dari boikot hingga ancaman berbahaya.

Saat ini Unity sendiri masih belum membuat pernyataan mengenai perubahan yang akan mereka rencanakan. Namun beberapa klausa kini telah berubah dari pengumuman awal yang diumumkan minggu lalu.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Unity atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version