Perusahaan Induk THQ Nordic Akuisisi Dev. Borderlands Seharga $1.3 Milyar

in , , ,

Embracer Group, perusahaan induk dari THQ Nordic, semakin agresif ‘berbelanja’ studio dalam beberapa bulan terakhir. Setelah sebelumnya mengakuisisi Tarsier Games (Little Nightmares), 4A Games (Metro Exodus), dan puluhan studio lainnya, kini mereka berhasil mendapatkan Gearbox Entertainment.

Dengan dana sebesar $1.3 milyar, studio yang dikenal akan franchise Borderlands ini akan segera menyatu dengan perusahaan asal Swedia tersebut.

Meski dengan akuisisi ini, CEO dan Founder dari Embracer Group jelaskan bahwa Gearbox akan pertahankan kreativitas dan kebebasan mereka dalam pengembangan game. Baginya suntikan dana yang diberikan hanya dapat memberika hal positif kepada Gearbox untuk beberapa tahun kedepannya.

Meski dengan transaksi mahal ini, Embracer Group juga menyebutkan bahwa mereka akan terus ‘berbelanja’ studio. Akan semakin banyak akuisisi dan kerjasama yang terjadi kedepannya. Embracer ingin terus meningkatkan kualitas brand yang sudah ada selagi terus membangun yang baru.

Borderlands 3

Randy Pitchford, CEO dari Gearbox, ungkapkan bahwa akuisisi ini akan membawa Gearbox ke jalan yang lebih baik. Suntikan dana yang diberikan akan meningkatkan ambisi mereka dalam jangka waktu lama. Baginya akuisisi oleh Embracer Group akan menjadi awal dari masa depan yang cerah bagi studio tersebut.

Transaksi mahal ini juga belum menentukan bahwa Gearbox akan pindahkan Borderlands ke Embracer Group atau THQ Nordic, besar kemungkinan mereka akan terus kerjakan franchise tersebut dibawah arahan 2K Games, namun bisa dipastikan seri-seri lainnya akan dikembangkan di bawah nama sang perusahaan Swedia tersebut.


Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.