Perusahaan Raksasa Mobile China Mencoba Membuat Sistem Mirip Google Play

gdsa 2

Google play merupakan layanan distribusi digital milik google. Sistem ini merupakan semacam toko aplikasi resmi untuk sistem android yang langsung dikelola oleh Google. Anda dapat menemukan berbagai game, aplikasi, film, ebook dan musik untuk android dalam sistem ini. Aplikasi ini bisa dibilang penyedia produk digital terbesar di sistem android sekarang ini.

Beberapa waktu lalu, tersebar  kabar 4 perusahaan mobile China akan mengembangan sistem mirip google play.  Huawei Technologies, Xiaomi, Oppo, dan Vivo akan membuat platform bersama yang dikenal sebagai Global Developer Service Alliance (GDSA). Hal ini sebenarnya masih belum cukup jelas, mengingat ada bantahan dari pihak Xiaomi.

“Dengan membentuk aliansi ini, masing-masing perusahaan akan mencari untuk memanfaatkan keunggulan yang lain di berbagai daerah, dengan basis pengguna Xiaomi yang kuat di India, Vivo dan Oppo di Asia Tenggara, dan Huawei di Eropa,” kata wakil presiden mobile dari perusahan Canalys, Nicole Peng.

Oleh karena itu, usaha yang dilakukan oleh aliansi perusahaan ini cukup menarik. Apalagi perusahaan yang terlibat dapat dibilang merupakan para perusahaan besar di bidang perangkat mobile. Hal ini tentunya akan merubah pasar persaingan di antara platform penyedia layanan distribusi digital.

Sumber: Pocketgamer.Biz

Exit mobile version