Piala The Game Awards Milik Celeste Hilang, Ditemukan di eBay

Piala The Game Awards Celeste

Tahun 2018 lalu, dirilis sebuah game indie berjudul Celeste berhasil meraih kesuksesan besar. Sajian genre platformer yang unik ditambah dengan aspek artstyle yang menarik membuatnya sukses mendapat apresiasi yang positif dari para gamer. Keberhasilan tersebut pun juga membuahkan sebuah penghargaan, dimana Celeste berhasil memenangkan nominasi Best Indie Game dalam acara The Game Awards 2018.

Umumnya, setiap pemenang akan mendapatkan penghargaan berupa Trophy atau piala unik sebagai tanda pencapaiannya. Namun, berbeda dengan pemenang lainnya, developer Celeste mengaku tidak pernah memperoleh piala tersebut. Awalnya mereka mengira bahwa piala mungkin akan dikirim setelah acara selesai namun nyatanya piala tak kunjung datang dan dinyatakan hilang.

Empat tahun setelahnya, seorang YouTuber bernama PrestigeIsKey baru saja menemukan sesuatu yang janggal di situs jual beli ternama yakni eBay. Awalnya, dirinya sedang mencari replika piala The Game Awards di platform tersebut, hingga ia menemukan seorang seller yang mengaku menjual piala The Game Awards asli yang dibanderol seharga $500 (sekitar 7,2 juta rupiah).

Ketika barang sampai, kejanggalan pun mulai mengemuka lantaran piala bertuliskan “The Game Awards 2018 Best Independent Game Celeste”. Karena curiga, sang YouTuber pun langsung menghubungi pihak developer, Extremely OK Games untuk memastikannya. Developer pun kemudian mengkonfirmasi bahwa memang benar mereka tidak pernah mendapatkan piala tersebut.

Alasan piala yang berpindah tangan hingga kini masih belum diketahui. Terdapat beberapa kemugkinan seperti karena dicuri, salah kirim, miskomunikasi dan sebagainya. Pihak penjual juga hanya mengatakan bahwa dirinya mendapat barang tersebut dari “salah satu sumber likuidasi”.

Untungnya, sang YouTuber pun berbaik hati untuk mengembalikan piala The Game Awards itu ke pemilik aslinya, yakni developer dari Celeste. Untuk membalasnya, pihak developer pun mengganti biaya pembelian piala sekaligus memberikan apresiasi berupa salinan game Celeste yang sudah ditandatangani. Saat ini, piala The Game Awards tersebut sudah terkirim dan dalam perjalanan menuju developer.

Meskipun memiliki ending yang baik, namun peristiwa ini juga menimbulkan pertanyaan apakah ada developer lain yang saat ini masih belum menerima piala mereka? Mudah-mudahan saja hal tersebut tidak terjadi dan semua piala berhasil sampai tujuan dengan selamat.


Baca juga artike-artikel lainnya terkait Celeste serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version