Picu Kontroversi, Ubisoft Hilangkan Logo Black Fist di Tom Clancy’s Elite Squad

in , ,
200630 En 0 Key Art Phase1 Pr 1920x1080
Mereka hilangkan logo Black Fistnya.

Logo memang miliki peranan yang luar biasa untuk representasikan suatu persona, kelompok, kaum, maupun perusahaan. Melalui sebuah logo, maka visi dan misi dari mereka bisa tersampaikan secara baik. Entah itu tersurat maupun tersirat. Namun, tak sedikit logo yang picu kontroversi apabila dipublikasikan di beberapa negara. Seperti yang dialami oleh Ubisoft berikut.

Seperti yang telah kita ketahui, beberapa hari yang lalu, Ubisoft resmi mengumumkan bahwa game mobile miliknya, Tom Clancy’s Elite Squad akhirnya dirilis di pasaran. Namun nampaknya terdapat kontroversi yang terjadi pada logo Black Fist untuk representasikan kelompok antagonis yang harus player lawan.

Black Fist merupakan logo yang juga digunakan oleh gerakan kekuatan orang kulit hitam atau Black Power movement pada akhir tahun 1960 hingga 1970-an. Gerakan tersebut inginkan kekerasan untuk membalas supremasi orang kulit putih di Amerika Serikat. Logo ini juga sempat muncul saat gerakan peduli nyawa orang kulit hitam atau Black Lives Matter baru-baru ini.

Dalam Tom Clancy’s Elite Squad, logo tersebut representasikan sebuah kelompok bernama UMBRA, sebuah organisasi tanpa wajah yang ingin menerapkan paham Egalitarianisme. Sebuah paham di mana seseorang harus diperlakukan sama pada dimensi agama, politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Sayangnya cara UMBRA untuk menyuntikkan paham tersebut dalam Tom Clancy’s Elite Squad adalah dengan aksi terorisme dan hacking social media di balik layar.

Mengetahui bahwa logo Black Fist digunakan untuk representasikan UMBRA di trailer gamenya. Para fans langsung berikan kritik yang sangat pedas pada Ubisoft. Bahkan senior programmer dari Massive Entertainment atau Ubisoft Massive (Tom Clancy’s The Division Series), Olafur Waage mengatakan bahwa hal tersebut sangat menjijikkan dan berharap ia mengetahuinya terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.

Kritik tersebut akhirnya dibalas oleh developer sekaligus publisher asal Perancis tersebut dengan menghilangkan Black Fist dari perkenalan Tom Clancy’s Elite Squad. Mereka berjanji akan menghapus logo tersebut di update selanjutnya pada tanggal 1 September 2020 untuk Android. Sementara untuk versi iOSnya mereka hanya bisa mengatakan utnuk menghapusnya secepat mungkin.

Tom Clancy’s Elite Squad merupakan game RPG 5v5 dengan beberapa karakter dari seri Tom Clancy’s. Gamenya saat ini sudah bisa dimainkan secara gratis di Android maupun iOS.


Baca lebih lanjut tentang Tom Clancy’s Elite Squad, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]